Take a fresh look at your lifestyle.

Yonif 407/PK Gelar Latposko I Dengan Terapkan Protokol Kesehatan

160

ADIWERNA- Dalam rangka mendukung tugas pokok Prajurit, Satuan Yonif 407/Padma Kusuma melaksanakan kegiatan Latposko I. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis (28-30/4) di Aula Kapten Damhuri Amir , Yonif 407/PK.

Kegiatan dilaksanakan dengan mekanisme dan skenario latihan yang sudah disusun serta direncanakan oleh Brigif -4/Dewa Ratna (DR) sebagai penyelenggara latihan.

Tema yang diusung dalam latihan “Yonif 407/PK melaksanakan operasi lawan insurjensi  (OLI) di wilayah Jatinegara Komplek dalam rangka operasi penindakan Koops IV/Jateng.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Brigif -4/DR Kolonel Inf Aliyatin Mahmudi, Kasbrig -4/DR Letkol Inf Bambang Wahyudi, beserta para Kasi. Turut hadir, Waasops Kasdam IV/Diponegoro Letkol Inf Yusmanto selaku Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi kegiatan latihan Latposko I Yonif 407/PK.

Komandan Brigif -4/DR Kolonel Inf Aliyatin Mahmudi menyampaikan, diselenggarakannya Latposko I Yonif 407/PK bertujuan melatih Satuan Tempur di Jajaran Brigif -4/DR khususnya Yonif 407/Padma Kusuma untuk melaksanakan taktis dalam rangka kegiatan penyiapan satuan untuk melaksanakan tugas operasi.

Aliatin mengatakan, satuan TNI AD harus selalu siap dengan melaksanakan program-program latihan sehingga apabila suatu ketika dibutuhkan sudah siap melaksanakan tugas tersebut. Satuan Yonif 407/Padma Kusuma ini, diproyeksikan tahun ini akan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI dengan Malaysia yang ada di daerah Kalimantan Barat.

“Walaupun dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan ini tetap dilaksanakan karena sebagai prajurit harus siap melaksanakan tugas. Namanya tugas tidak melihat itu pandemi ataupun tidak, justru disinilah kita menganggap tantangan bagi TNI tetap melaksankan tugasnya dalam situasi bagaimanapun juga,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk seluruh Prajurit Yonif 407/PK diberikan pemahaman, bahwa tugas adalah suatu kehormatan dan harus dikerjakan secara maksimal, baik itu pencapaian tugas pokok itu sendiri maupun cara-caranya.

Dalam kegiatan tersebut, personel yang tergabung dalam kegiatan latihan melakukan SOP atau prosedur pencegahan penularan Covid-19. Setiap anggota harus menggunakan masker dan sarung tangan (handscoon), keluar masuk ruangan harus dalam keadaan bersih dengan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer ditempat yang sudah disiapkan.

Kemudian mengatur jarak antar perorangan setiap prajurit yang terlibat dalam kegiatan latihan tersebut.Tidak kalah penting , seluruh anggota Yonif 407/PK harus senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran dirinya.

“Kita ketahui bahwa Covid -19 harus kita lawan dengan meningkatkan kondisi imun atau kekebalan tubuh,”sebutnya.

Sementara itu, Kasi Ops Brigif -4/DR, Mayor Inf Edwar C Purba selaku Kawasdal kegiatan latihan Latposko I menyampaikan ada tiga Satuan Tempur Jajaran Brigif -4/Dewa Ratna yang berada di wilayah Jawa Tengah, salah satunya adalah Yonif 407/Padma Kusuma. Dari tiga batalyon tersebut, dua diantaranya sudah dipersiapkan untuk berangkat melaksanakan tugas pengamanan perbatasan.

“Dalam rangka itu kita siapkan melalui latihan-latihan secara bertingkat bertahap dan berlanjut. Salah satu latihan tersebut adalah Latposko I, inti dari latihan ini adalah melatih bagaimana hubungan antara komandan dan stafnya, antara komandan beserta satuan bawahnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, menuturkan,latihan tersebut melatih koordinasi, berkomunikasi dan bekerjasama antara komandan dan staf untuk mencapai tugas pokok sebagai prajurit dalam menjaga keutuhan NKRI.(Sari-Red-06)

 

BERITA LAINNYA