Take a fresh look at your lifestyle.

YMI Wonopringgo Siap Hasilkan Lulusan Unggul

242

KAJEN- Menghadapi era kompetisi seperti sekarang ini, YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan siap menghasilkan lulusan unggul di bawah naungan di bidang pendidikan. Untuk menunjang hal tersebut akan dilakukan manajemen mutu.

 

Manajemen mutu sekolah sangat berperan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang diharapkan dapat memberikan perubahan yang lebih baik sesuai dengan perkembangan, tuntutan, dan dinamika masyarakat dalam menjawab permasalahan-permasalahan pengelolaan pendidikan pada tingkat sekolah,” kata Kepala SD YMI Wonopringgo Siswanto.

 

Menurutnya, mutu pendidikan adalah derajat keunggulan dalam pengelolaan pendidikan secara efektif dan efisien untuk melahirkan keunggulan akademis serta ekstrakurikuler pada peserta didik yang dinyatakan lulus untuk satu jenjang pendidikan atau menyelesaikan program pembelajaran tertentu.

 

“Dilihat dari definisi ini, maka mutu pendidikan bukanlah upaya sederhana, melainkan suatu kegiatan dinamis dan penuh tantangan. Pendidikan akan terus berubah seiring dengan perubahan zaman yang melingkarinya, sebab pendidikan merupakan buah dari zaman itu sendiri. Oleh karena itu, pendidikan senantiasa memerlukan upaya perbaikan dan peningkatan mutu sejalan dengan semakin tingginya kebutuhan dan tuntunan kehidupan masyarakat,” ucapnya.

 

Sementara itu, SD Islam YMI Wonopringgo yang bertempat di Jalan Manyar Desa Kwagean Wonopringgo Pekalongan, yang telah berdiri sejak tahun 1950 lalu akan bertransformasi menjadi sekolah unggul atas izin dari Pembina Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) dan dukungan dari Bupati Pekalongan. Oleh karena itu diperlukan adanya kerjasama pada seluruh elemen baik sekolah, orang tua siswa dalam meneguhkan komitmen bersama untuk mewujudkan SD Islam YMI Wonopringgo yang unggul.

 

“Sebagai langkah awal dalam mewujudkan SD Islam YMI yang unggul ini, sekolah membuat TIM Kerja Menuju SD Islam YMI Unggul, untuk memperlancar pelaksanaan perubahan sekolah menuju SDI yang unggul. Sekolah terus berupaya melakukan pelatihan-pelatihan terhadap guru dan studi banding sekolah lain guna memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam membentuk konsep sekolah unggul. Adapun gambaran umum konsep SD Islam YMI Unggul berusaha menghasilkan lulusan bisa hapal Quran 2 juz, mahir berbahasa hingga kemampuan akademik,” paparnya.

 

Sekolah akan terus berupaya memperbaiki dan mengembangan pendidikan di sekolah baik akademik maupun non akademik, tentunya tidak lepas dari dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Pekalongan sehingga dapat terwujudnya SD Islam YMI Wonopringgo yang Unggul.

 

“Komitmen ini juga kami tuangkan dalam kegiatan Rembug Pendidikan yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabuapten Pekalongann Sumarwati, dan, Camat Wonopringgo,” tandasnya. (Siti Masithoh/Red11)

BERITA LAINNYA