Take a fresh look at your lifestyle.

Wujudkan Keindahan Kota, Pemkot Tegal Terus Lakukan Pembenahan

109

BERBAGAI macam pembenahan terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal untuk menjadikan wajah kota nampak jauh lebih baik. Hal itu selaras dengan salah satu visi misi Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dan Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, yang tertuang dalam misi pembangunan ‘Berdedikasi Untuk Rakyat’.

Tanpa mengurangi nilai estetika yang ada, pembenahan dilakukan meliputi Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pengelolaan pedagang kaki lima (PKL), lingkungan perumahan hingga saluran sungai. Kini, Pemkot tengah memfokuskan untuk merevitalisasi sepanjang Jalan Pancasila dan Taman Pancasila.

Selain menjadikan wajah kota nampak lebih indah, revitalisasi yang dilakukan itu merupakan wujud untuk mengembalikan fungsi Taman Pancasila sebagai taman dan ruang terbuka hijau. Dalam perjalannya, tahapan demi tahapan dilalui Pemkot hingga terjalin kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengatakan, penataan Taman Pancasila merupakan satu kesatuan bersamaan dengan penataan kawasan Stasiun hingga Alun-alun Kota Tegal. Oleh karenanya, Dedy meminta kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya para PKL di sepanjang jalan dan taman Pancasila untuk tidak khawatir.

“PKL tidak perlu khawatir, Pemkot bersama PT KAI tentu akan memperhatikan dengan mencarikan lokasi baru bagi PKL untuk berjualan,” katanya.

Menurut Dedy Yon, pembenahan Taman Pancasila bagian dari upaya memunculkan kewibawaan Kota Tegal sebagai kota yang tertata dan indah. Jika selama ini kumuh, maka kawasan Stasiun hingga Alun-alun ke depan harus tampak bagus dan indah.

Walikota menambahkan, dirinya bersama Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi, beserta jajaran PT KAI kemudian sepakat pembangunan Taman Pancasila dan revitalisasi trotoar Jalan Pancasila hingga kawasan Alun-alun dilakukan serentak pada 1 April 2020 mendatang.

Sebagai langkah awal, Pemkot telah melaksanakan beberapa sosialisasi kepada para PKL Taman Pancasila. Langkah berikutnya, para pedagang dihimbau untuk melakukan penertiban hingga Maret 2020 mendatang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi menambahkan, kolaborasi antara Pemkot dan PT KAI merupakan langkah mengubah wajah lahan PT KAI yang dinilai semrawut menjadi kawasan yang asri, tertib dan bermanfaat bagi warga masyarakat.

“Ini baik bagi seluruh lapisan dan perlu didukung, agar menjadi pelayanan prima. Termasuk meningkatkan pelayanan serta service excellence kepada public pengguna jasa PT KAI,” ujar Jumadi. (adv)

BERITA LAINNYA