Take a fresh look at your lifestyle.

Garda MN Siap Mendukung dan Mengamankan Kebijakan KGPAA Mangkoenagoro X

JAWA TENGAH – Generasi Muda Mangkunagaran (Garda MN) baik di tingkat pusat maupun cabang Jawa Tengah & DIY menyatakan siap mendukung, menyukseskan serta mengamankan seluruh kebijakan dan program dari KGPAA Mangkoenagoro X dalam memimpin Praja Mangkunagaran, Surakarta. Organisasi kepemudaan resmi di lingkungan Trah Mangkunagaran tersebut siap berpartisipasi secara langsung dalam upaya menjaga dan mengembangkan budaya luhur Mangkunagaran dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Tri Dharma Mangkunagaran.

“Acara Sambung Rasa antara Garda Mangkunagaran dengan KGPAA Mangkoenagoro X dilaksanakan secara online, sebab saat ini situasi pandemi belum benar-benar berakhir, meskipun begitu alhamdulillah acara tetap bisa berjalan khidmat dan lancar. Dalam kesempatan ini berkenan hadir secara daring KGPAA Mangkoenagoro X, para Dewan Wiku (penasehat) Garda MN baik di tingkat pusat maupun cabang, serta para Pengurus Harian Garda MN pusat maupun cabang.” ujar Ketua Garda Mangkunagaran Cabang Jateng dan DIY, R. Mohammad Bagus Pratomo Ryagede, ST Rabu malam (11/5).

Dia menjelaskan, berhubung masih dalam suasana Lebaran, acara juga dimanfaatkan untuk ber halal bi halal. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada KGPAA Mangkoenagoro X yang telah berkenan menyediakan waktu dan ruang untuk bersilaturrahim. Jika Pengageng Pura Mangkunagaran dan personel Garda MN sudah saling mengenal, harapannya Garda Mangkunagaran mampu secara harmonis melangkah bersama Pura MN dan entitas Tiga Pilar Mangkunagaran lainnya. Garda MN siap mendukung penuh langkah KGPAA Mangkoenagoro X dalam menjaga dan semakin membesarkan serta memajukan
Mangkunagaran.

Garda MN sendiri dibentuk pada tahun 2011 tidak lain sebagai wujud kepedulian generasi muda Trah Mangkunagaran, yang merasa perlu untuk ikut berbuat sesuatu demi leluhur dan keluarga besar Mangkunagaran.

“Saya selaku Dewan Wiku sangat mengapresiasi Garda Mangkunagaran yang telah menggelar sarasehan ini, saya ajungi jempol untuk Garda. Sebagai organisasi kepemudaan Mangkunagaran, Garda harus selalu siap mendukung di belakang Kanjeng Gusti untuk memajukan dan mengembangkan Mangkunagaran agar lebih besar lagi,” tandas Ketua Dewan Wiku Garda MN Cabang Jateng dan DIY, Drs. H. KPH. Tjuk Soesilo Hardihardjono, MPH dalam sambutannya.

“Saya mengapresiasi kegiatan sarasehan ini, dan terlihat sudah dipersiapkan secara matang, dan saya mengajak semua pihak yang peduli dengan Mangkunagaran agar bisa berkomunikasi, berkoordinasi dan bersinergi bergerak bersama untuk memajukan dan mengembangkan Mangkunagaran. Kita harus bersama-sama untuk mewujudkan sesuatu yang besar di depan sana.” sambut KGPAA Mangkoenagoro X di acara tersebut.

KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan, langkah yang telah dilakukan Garda MN selama ini sudah baik dan perlu terus dikembangkan. Pihaknya siap membuka komunikasi, koordinasi, diskusi dan bersinergi dengan Garda MN, sebab kegiatan yang dilakukan mereka perlu didukung dan dikembangkan. Bahkan KGPAA Mangkoenagoro X mempersilahkan agar Garda MN segera mengadakan sesi diskusi lebih lanjut untuk membahas langkah konkret kedepan terkait hal-hal yang bisa disinergikan. Pihaknya berharap, pertemuan diskusi bisa dilakukan berkala untuk melahirkan ide-ide konkret untuk membangun Mangkunagaran. (T08-red)

BERITA LAINNYA