Take a fresh look at your lifestyle.

Rodjo Tater Mulai Dibuka, Pengunjung Dibatasi 500 Orang

312

SLAWI, smpantura.com – Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tegal, baik yang dikelola Pemerintah Kabupaten, desa maupun perorangan, mulai beroperasi. Ini setelah Kabupaten Tegal dinyatakan berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 sejak sepekan lalu.

Salah satu obyek wisata yang mulai kembali dibuka itu, adalah Destinasi Wisata Edukasi Rodjo Tani Ternak (Rodjo Tater) di Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Sejak 7 September lalu, destinasi wisata milik perorangan ini mulai dibuka untuk masyarakat umum. Namun, jumlah pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas.

Manajer Marketing dan Produksi Rodjo Tater Lukman Khakim mengatakan, tempat wisata tersebut memiliki kapasitas pengunjung 4.000 orang. Pihaknya sementara ini membatasi jumlah pengunjung 500-700 orang dengan sistem buka tutup.

“Kami batasi 500 orang. Setelah pengunjung 500 orang maka kita tutup pintu. Kemudian pengunjung yang diluar kita beri tempat duduk untuk mengantri. Setelah ada 50 orang yang keluar, nanti 50 orang masuk. Ini agar terkendali,” jelas Lukman saat ditemui Minggu (12/9).

Untuk mencegah penularan Covid-19, lanjut dia, tempat wisata yang dikelola oleh Udrayaka Kuntoaji ini, menerapkan potokol kesehatan. Sebelum memasuki area wisata, pengunjung diwajibkan mencuci tangan, memakai masker dan cek suhu tubuh. Pengunjung juga diutamakan yang telah divaksin. Apabila ada pengunjung yang belum divaksin, maka pengelola akan memberi edukasi agar mereka selanjutnya mengikuti vaksin Covid-19.

“Pengunjung diutamakan yang telah divaksin. Karena vaksin belum merata, bagi yang belum vaksin akan kami edukasi. Karena ada sebagian yang belum divaksin karena takut dan terpengaruh hoaks,” jelasnya.

Lukman menyebutkan, Rodjo Tater telah menyiapkan Satgas Covid-19, tempat cuci tangan dan hand sanitizer di sekitar wahana dan gerai makanan. Sebanyak 30 imbauan protokol kesehatan berbagai ukuran dipasang mulai dari pintu masuk hingga di dalam area wisata. Tak hanya itu, melalui pengeras suara, petugas terus mengingatkan pengunjung agar memakai masker dengan benar Tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari Brebes, Pemalang dan Tegal ini dibuka mulai pukul 08.00 dan loket tutup pukul 16.00.

Dari pantauan di tempat wisata ini , Minggu (12/9) kemarin, wisatawan tampak antusias mengunjungi Rodjo Tater. Mereka bermain di sejumlah wahana permainan, kolam renang dan naik kereta atau kuda keliling area wisata. Ada pula yang menikmati makan dan minum di sejumlah gerai makanan.

(T04-red) 

BERITA LAINNYA