Take a fresh look at your lifestyle.

Kunjungan Wisata Bahari Hutan Mangrove Mojo Pemalang masih Lesu

PEMALANG, smpantura.com – Kunjungan wisata ke hutan Mangrove di Muara Kali Comal, Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang sedang lesu. Menurut anggota kelomok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Mojo, Tolani kelesuan ini terjadi lantaran sudah memasuki musim penghujan.

“Pada dasarnya kami Pokdarwis masih melayani wisatawan hanya saja memang kunjungan masih lesu karena sering turun hujan,”kata dia.

Hujan kata dia memengaruhi tingkat kunjugan sebab untuk bisa menuju ke kawasan konservasi mangrove harus naik perahu menyusuri Kali Comal. Ketika turun hujan maka aktifitas menyusuri sungai tentu berisiko apalagi perahu wisata yang tersedia tidak memiliki atap yang permanen.

Hutan mangrove ini dikelola sejak tahun 1996 dengan berbagai program dari pemerintah dan negara lain. Lahan konservasi mencapai 150 hektar namun yang ada izinnya baru 72 hektar.

Setelah puluhan tahun dikelola, kini hutan mangrove semakin rimbun dan di sana menjadi tempat berkembangbiaknya aneka satwa. Sementara untuk menunjang pariwisata ini di sana dibangun fasilitas pendukung atara lain joging trek, menara pandang, gapura, toilet apung dan tempat sandar perahu wisata.

Pengelolaan hutan mangrove ini tak hanya mendongkrak aktifitas wisata namun juga menguntungkan pembudi daya bandeng di Desa Mojo. Sebab setelah mangrove tumbuh rimbun bahkan menjadi kawasan wisata, bandeng di Mojo mulai dapat diandalkan.(P11-red)

BERITA LAINNYA