Take a fresh look at your lifestyle.

Wisata Limbangan Ranch Bagus Untuk Pembelajaran Edukasi Anak

338

KAJEN – Wisata di Kabupaten Pekalongan dalam kurun waktu kurang dari lima tahun mengalami peningkatan yang cukup banyak. Sampai sekarang, jumlahnya destinasi sekitar 28 tempat wisata yang tersebar di seluruh wilayah Kota Santri dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada. Seperti potensi alam terbuka, di antaranya daerah pegunungan di Petungkriyono yang tersedian sejumlah curug atau air terjun, lalu di Longgo Asri yang terdapat wisata alam yang cukup bagus, kemudian kuliner dan lainnya.
Dari sejumlah destinasi unggulan tersebut, ada yang cukup menarik yakni Limbangan Ranch atau sering disebut La Ranch yang berlokasi di Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar. Mengandalkan area padang rumput yang cukup luas, di tempat itu menyajikan edukuasi untuk pembelajaran bagi anak-anak. Pemilik kawasan wisata ini menyediakan sejumlah hewan seperti kuda dan domba serta permainan memanah sebagai sarana edukasi anak usia dini.
”Selain menjadi wisata keluarga, La Ranch memang saya konsep sebagai sarana edukasi bagi anak-anak.” Ujar Iriyanto, pengelola tersebut saat grand opening La Ranch, belum lama ini.
Dalam hal ini, pembelajaran terhadap anak bukan hanya terbatas dalam ruangan, namun juga bisa di luar ruangan. Semua yang ada di wisata La Ranch, nantinya bakal dieksplore oleh anak-anak sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan sarana yang ada. Di samping itu juga menciptakan kemampuan mandiri anak, seperti bagaimana caranya bisa mengendarai kuda, lalu lebih mengenal dengan dunia hewan, dan lainnya.
Selain mengeksplorasi lokasi wisata, anak-anak juga dilatih dalam hal pembentukan sikap sejak usia dini dan mendorong anak memiliki akhlaq yang bagus. Contohnya soal budaya antri, di Indonesia budaya seperti itu boleh dibilang masih kurang. Di La Ranch, ketika akan masuk ke salah satu tempat, misalnya permainan memanah mapun berkuda, karena pengunjungya cukup banyak maka harus antre.
”Hal sekecil ini bisa diajarkan kepada anak-anak sehingga nantinya bisa selalu menghargai orang lain,” tegasnya.
Selanjutnya dijelaskan, nama La Ranch diambilkan dari nama Limbangan (Desa yang ada di Kecamatan Karanganyar_Red) dan Ranch di sejumlah negara besar berarti tempat menggembala sapi. Makanya wisata yang dikelolanya memiliki padang rumput yang cukup luas dan terdapat arena bermain kuda. Dengan konsep memanfaatkan padang rumput yang luas seperti itu merupakan ciri khas dari La Ranch.
Biasanya, sebagian besar pengnjung yang membawa anak-anaknya datang di siang hari sehingga bisa memaksimalkan semua permainan yang ada. Di samping itu, saat bermain anak-anak akan terkena matahari secara langsung dan berkeringat. Hal ini tentunya bisa meingkatkan imun karena sering berkeringat dan sangat tepat pada saat pandemi covid 19 seperti sekarang.
Sedangkan pada malam hari, di area wiata itu melayani pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati menu minuman dan makanan yang tersedia. Bahkan di malam hari, bagi yang suka foto selfie bisa memanfaatkan sejumlah venew untuk berfoto bersama keluarga maupun kerabatnya. (Achid Nugroho/R8 )

BERITA LAINNYA