Take a fresh look at your lifestyle.

Wisata Guci Masih Aman Dikunjungi

176

BUMIJAWA – Peningkatan status Gunung Slamet menjadi waspasa, tidak berpengaruh terhadap obyek wisata air panas Guci di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Sabtu pagi (10/8). Obyek wisata yang berada di lereng Gunung Slamet itu, aman untuk dikunjungi.

“Untuk suhu air panas di Guci masih relatif stabil. Jadi, masih aman untuk para pengunjung,” kata Kepala UPTD Guci, Abdul Haris.

Dikatakan, pernyataan suhu air panas Guci tersebut, sesuai dengan pernyataan Kepala Pos Pengamatam Gunung Api Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Sukedi. Sementara itu, kenaikan suhu juga masih stabil antara 1-2 derajat celcius. Kondisi itu masih bisa digunakan pengunjung untuk berendam.

“Kalau jumlah pengunjung belum terlihat apakah stabil atau ada penurunan. Mungkin, bisa dilihat setelah siang hari nanti,” ujar Haris.

Lebih lanjut dikatakan, masyarakat tidak usah panik dengan peningkatan status Gunung Slamet, karena aktivitas gunung itu terus di pantau. Jika ada perkembangan terkait aktivitas Gunung Slamet akan disampaikan kepada masyarakat. Namun, masyarakat diminta mencari informasi yang valid.

“Jangan mudah percaya dengan berita. Cek kebenarannya agar tidak meresahkan masyarakat,” ujarnya.

Diberitahukan sebelumnya, status Gunung Slamet yang masuk dalam lima wilayah kabupaten, dinaikan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) terhitung sejak 9 Agustus 2019 pukul 09.00 WIB. Selama Juni hingga 8 Agustus 2019 telah tercatat 51.511 kali gempa Hembusan, 5 kali gempa Tektonik Lokal dan 17 kali gempa Tektonik Jauh. Selain gempa-gempa tersebut, pada akhir Juli 2019 mulai terekam getaran Tremor dengan amplitudo maksimum 0.5-2 mm. (Wiwit/red05)

BERITA LAINNYA