Take a fresh look at your lifestyle.

Waw… Robotic Karya Pelajar Brebes Juara Tingkat Nasional

154

BREBES, smpantura.com – Robotic hasil karya dua siswa Madrasyah Aliyah (MA) Negeri 1 Brebes mampu, berbicara diajang kejuaraan robot tingkat nasional. Robot jenis Maze Solving ini berhasil meraih medali emas di Kontes Robot Nusantara (Kron) pada 13-14 Maret lalu, yang dilaksanakan secara vitual di Tangerang Selatan.

Adalah M Khaidar Hamzah dan Hanum Alya Lulu Atusyifa, pencipta robot ini. Pelajar yang masih duduk di kelas X dan XI mampu membuat robot yang bergerak sendiri tanpa dikendalikan dengan remot kontrol. Robot dengan sumber tenaga baterai ini, bergerak sesuai lintasan yang sebelumnya telah diprogram melalui komputer.

“Robot yang kita buat ini berjenis Maze Solving. Robot ini mampu bergerak sesuai dengan apa yang kita program,” ujar M Khadidar Hamzah, Kamis (25/3) saat ditemui di sekolahnya.

Dia mengaku, untuk membuat robot tersebut membutuhkan waktu dua sampai tiga bulan. Itu pun tidak terlepas dari bimbingan guru pendamping sekolah. Untuk proses perakitannya cukup sederhana, tetapi memerlukan ketelitian dan ketelatenan yang ekstra. Sebab, komponen-komponen yang dirakit ukurannya kecil, dan harus hati-hati. “Kalau komponennya sendiri, kita pasang lampu infrared yang berfungsi mengikuti jalur hitam atau putih yang telah diprogram. Sedangkan penggeraknya, menggunakan dua penggerak motor dc dan motor servo,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya tidak menyangka hasil karyanya itu bisa menjadi juara di ajang Kron Kategori Maze Solving. Apalagi, peserta yang mengikuti lomba berasal berbagai kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. Meski telah menjadi juara, tetapi hasil karyanya itu perlu terus disempurnakan. Apalagi, dalam tahun ini ia dan patnernya akan mengikuti kejuaraan di ajang yang lebih tinggi. Yakni Asian Youth Robot Olympiad 2021, di Singapura pada 24-25 April mendatang. “Kami mohon doanya, agar karya kami juga bisa berbicara di tingkat Asian,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala MA Negeri I Brebes Ahmad Najid mengaku, bangga adak didiknya bisa menjadi juara di tingkat nasional. Prestasi tersebut merupakan trobosan baru dari tim kreatifitas di sekolah yang mengusung tema teknologi for feature. “Dengan tema robotic ini kita memberikan ruang kepada anak-anak untuk kreativitas. Salah satunya membuat robot dari bahan yang telah sekolah siapkan,” katanya.

Selain berhasil meraih medali emas, lanjut dia, dua siswa lainnya juga berhasil menjadi medali perunggu di ajang yang sama pada kategori Crative MRT. Sehingga, prestasi tersebut bisa menjadi tantangan bagi siswa dalam kepenguasaan Ilmu Teknologi (IT). “Insya Allah setelah tingkat nasional ini, kita akan mengikuti lomba robotic tingkat Asia Tenggara, dan tentu dengan konsep yang berbeda,” pungkasnya.

(T07-red)

BERITA LAINNYA