Take a fresh look at your lifestyle.

Waw, Dua Bulan Ini Ada 916 Janda Baru di Brebes

870

BREBES – Dalam dua bulan terakhir, sejak Januari 2021, tercatat ada sebanyak 916 warga di Brebes yang menyandang status janda baru. Itu diketahui dari perkara perceraian yang telah diputus Pengadilan Agama (PA) Brebes.

Selama dua bulan tersebut, PA Brebes menangani sebanyak 1.345 perkara pengajuan perceraian. Dari jumlah itu, sebanyak 916 perkara diputus. Sedangkan sisanya, perkara dicabut, isbat dan dispensasi nikah.

Humas PA Brebes Nursidik mengatakan, dari Januari hingga Februari lalu, totalnya ada sebanyak 1.345 perkara yang masuk ke pengadilan. Perkara itu meliputi cerai talak (gugatan dari suami-red) sebanyak 289 perkara dan cerai gugat (gugatan dari pihak istri-red) mencapai 943 perkara.

“Dari jumlah perkara yang kami ini, sebanyak 1.110 perkara telah selesai atau telah diputus. Rinciannya, 916 perkara dari cerai talak dan gugat, 96 perkara dicabut, isbat nikah 8 perkara dan 84 perkara dispensasi nikah,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari ribuan perkara yang masuk ke PA Brebes tersebut, faktor ekonomi menjadi yang paling banyak. Yakni, sebanyak 607 perkara disebabkan karena permasalahan ekonomi.

“Selain ekonomi, ada faktor lainnya yang mempengaruhi aduan. Yaitu, perselisihan pertengkaran mencapai 180 perkara dan meninggalkan salah satu pihak sebanyak 24 perkara,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA