Take a fresh look at your lifestyle.

Waspada Infeksi Virus Corona, Dinkes Imbau Warga Tidak Panik

176

SLAWI- Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal menggelar Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV) di Gedung Chandra Kirana Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal, Selasa (4/2).

Rakor dihadiri petugas kesehatan dari Puskesmas, rumah sakit, klinik, OPD terkait, camat, dan organisasi profesi.

Dalam rakor tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, dr Hendadi Setiaji mengatakan, hingga saat ini di Kabupaten Tegal belum ditemukan kasus infeksi virus corona atau Novel Coronvirus (2019-nCoV). Meski demikian, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap virus dengan virulensi atau kemampuan yang tinggi untuk menyebabkan penyakit yang fatal tersebut.

“Kabupaten Tegal alhamdulillah aman, yang penting kita waspada. Jangan ketakutan berlebihan sehingga menimbulkan kepanikan luar biasa,”terangnya.

Hendadi menjelaskan, Novel Coronavirus merupakan virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Tiongkok. Novel Coronavirus merupakan satu kelurga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Gejala klinis yang muncul bila terifeksi virus tersebut, diantaranya demam, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan dan letih lesu. Gejala ini seperti penyakit influenza pada umumnya.

Yang patut diwaspadai, apabila penderita dengan gejala klinis tersebut, pernah melakukan perjalanan ke negara endemis virus Corona , Tiongkok, atau kontak langsung dengan orang dari Tiongkok kurun waktu 14 hari sebelumnya.

“Kalau seperti ini dinamakan suspek virus Corona. Ada gejala klinis dan kontak dengan penderita. Apakah yang besangkutan ke Tiongkok atau bertemu dengan orang dari Tiongkok. Maka akan diisolasi di rumah sakit, dan dipantau selama 14 hari,”jelasnya.

Dijelaskan Hendadi, apabila penderita gejala klinis demam, batuk, pilek, sesak napas, tidak pernah melakukan perjalanan ke Tiongkok atau kontak langsung dengan orang dari Tiongkok, maka hanya mengalami influeza biasa.

Tetapi, jika ada warga yang punya riwayat bepergian keTiongkok, meski tidak mengalami gejala klinis tetap diwaspadai. Warga tersebut akan diawasi dan diperiksa selama 14 hari. Inkubasi virus Corona adalah 14 hari.

Hal ini seperti dilakukan pada salah satu warga Desa Lemah Duwur, Kecamatan Adiwerna, yang baru pulang dari Hangzhou.

Menurut Hendadi, warga yang sudah empat tahun ini kuliah di perguruan tinggi di Hangzhou itu, saat diperiksa tidak menunjukkan gejala klinis batuk , pilek, demam dan sesak napas, sehingga tidak perlu diisolasi di rumah sakit. Meski demikian, warga tersebut tetap diawasi dan diperiksa kesehatannya selama 14 hari.

Hendadi menyebutkan, penderita penyakit yang disebabkan oleh virus bisa sembuh selama memiliki daya tahan tubuh yang baik. Beberapa kasus infeksi virus Corona yang menyebabkan kematian warga Tiongkok,  karena penderita telah berusia lanjut, memilikipenyakit jantung, ginjal dan pneumonia.

Dalam rakor tersebut, Hendadi menjelaskan pencegahan infeksi virus Corona dapat dilakukan dengan sering cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker bila batuk dan pilek, mengonsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah.

Selain itu hati-hati kontak dengan hewan, rajin olahraga dan istirahat cukup, jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak. “Bila batuk pilek dan sesak napas segera ke fasilitas kesehatan,”imbuhnya.

Selanjutnya, Pemkab Tegal akan segera membuat Surat Edaran Bupati tentang kesiapsiagaan menghadapi Novel Coronavirus.

Sementara itu, Direktur RSUD Dr Soeselo Slawi, dr Guntur Muhammad Taqwin menuturkan, RSUD Dr Soeselo merupakan salah satu dari sepuluh rumah sakit rujukan nCoV. Rumah sakit  tersebut telah menyiapkan lima ruang isolasi,yakni satu ruang di IGD, dua ruang di bangsal  Palm dan dua ruang di ICU.

Petugas dilengkapi dengan alat pelindung diri, pakaian khusus, helm, penutup  wajah, sarung tangan dan sepatu.

Adapun untuk pelaporan terkait penyakit tersebut , masyarakat dapat melaporkan kepada Dinkes ke nomor 081542025067 , atau ke nomor 119, 08112626119.  (Sari-Red-06)

 

 

BERITA LAINNYA