Take a fresh look at your lifestyle.

Warga Positif Covid-19 di Brebes Tambah Satu, Berasal dari Pemudik

595

BREBES – Jumlah warga di Kabupaten Brebes yang terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19), bertambah satu orang. Sehingga, total warga di Kota Bawang yang positif covid-19 saat ini menjadi 17 orang, dari semula 16 orang. Tambahan satu orang ini berasal dari luar jemaah Itijma Gowa, tetapi berasal dari pemudik yang pulang kampung.

“Tadi pagi, saya mendapat laporan dari Dinas Kesehatan, ada tambahan satu orang yang positif covid-19 dari hasil swab. Satu orang ini bukan dari klaster Itijma Gowa, tetapi mempunyai riwayat bekerja di Bekasi,” ungkap Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, Jumat (8/7).

Dia menjelaskan, warga yang positif itu kini dalam perawatan di RSUD Bumiayu. Yang bersangkutan merupakan warga Kecamatan Bantarkawung. Dari laporan yang diterima, kondisi pasien saat ini sudah baik dan sehat. Tim medis direncanakan hari ini akan melakukan pemeriksaan swab tahap kedua terhadap pasien tersebut. Selanjutnya, sample swab akan dikirim ke Laboratorium di Semarang. “Sudah dua minggu pasien positif ini dirawat di RSUD Bumiayu. Pasien ini masuk comorbit atau sudah ada penyakit bawaan yang diderita. Namun sekarang sudah sehat, dah hari ini akan diambil swab kedua,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai upaya pencegahan penyebaran, Pemkab Brebes telah memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM). Bupati juga sudah mengeluarkan dua Instruksi Bupati terkiat kebijakan PKM tersebut. Instruksi Bupati nomor 1 tahun 2020 bersifat pembatasan kegiatan masyarakat secara umum untuk seluruh wilayah Kabupaten Brebes. Sementara Instruksi nomor 2 tahun 2020 bersifat pembatasan kegiatan masyarakat secara khusus untuk wilayah yang terdapat warganya positif, seperti Bantarkawung, Paguyangan dan Bumiayu. “PKM ini kami kandung maksud untuk membatasi kegiatan masyarakat, dan sudah mendapat respon positif dari para kades di Bantarkawung. Saya berharap seluruh masyarakat brebes bisa mematuhi instruksi ini, sehingga masalah covid dapat cepat tertangani,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA