Take a fresh look at your lifestyle.

Warga Kalipaku Izinkan Pemanfaatan Tuk Lambean

144

PEMALANG– Warga Dusun Ketwnger, Desa Kalipaku, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas mengizinkan pemanfaatan air Tuk Lambean untuk membantu krisis air bersih di Kecamatan Pulosari.

Kesepakatan pengelolaan Tuk tersebut dilakukan baru-baru ini antara tokoh masyarakt, pemuda dan Pemerintah Desa Kalipaku dengan 12 Kepala Desa, Kecamatan Pulosari.

Direktur Umum (Dirum) Perumda Air Minum Tirta Mulya Pemalang Arif Setyawan kepada wartawan menjelaskan, pihaknya
merasa lega dan berterimakasih kepada warga Dusun Kalipaku. Dengan telah memberi izin pemanfaatan Tuk Lembean maka krisis air yang selama ini dirasakan masyarakat Pulosari akan teratasi.

“Kesepakatan kerjasama itu telah dilakukan antara 12 kepala desa di Kecamatan Pulosari dan tokoh warga Dusun Kalipaku yang dipimpin Mbah Joyo, Sekdes Ketenger Kuspomo dan tokoh pemuda Purnomo. Disaksikan Dirut Perumda Slamet Effendi,” kata Setyawan kemarin.

Selanjutnya proses kerja sama itu akan dibuatkan Detail Engineering Design (DED) oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Provinsi Jateng. Penggelontoran air dari Tuk Lembean ke 12 desa di wilayah Pulosari akan menggunakan sistem reservoir.

Menurut Setyawan, air dari Tuk akan dialirkan ke reservoir berjarak sekitar 17 kilometer. Pembangunan reservoir
tersebut akan dibiayai oleh dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 24 miliar. Sedangkan dari reservoir sampai kepada pelayanan masyarakat instalasinya akan dibangun oleh Perumda Air Minum Tirta Mulia. (Ali Basarah)

BERITA LAINNYA