Take a fresh look at your lifestyle.

Warga Inisiatif Semprot Disinfektan Sendiri

151

PEMALANG – Warga Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang berinisiatif sendiri menangani Covid-19 dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara mandiri. Camat Comal, Fauzan mengatakan penyemprotan dilakukan oleh warga yang terhimpun dalam Comal Unity bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkoncam) dan instansi pemerintah lainnya.

“Kami berinisiatif untuk melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri bersama masyarakat dengan sasaran adalah pusat-pusat keramaian,”kata Camat kemarin.

Penyemprotan mengambil start dari Kantor Camat menuju ke Sub Terminal Angkutan dilanjutkan ke Pasar Burung, Masjid Jami kemudian ke Pasar Grosir. Sore harinya penyemprotan dilanjutkan kembali ke Pasar Comal.

Camat menambahkan dalam kegiatan tersebut ikut mendukung adalah Polsek Comal, Koramil, Puskesmas Purwoharjo, Pengelola Pasar Comal, Grosir, Sub Terminal Angkutan, KUA dan KWK Dindikbud.

Sementara itu masyarakat di lokasi penyemprotan disinfektan memberi kesempatan kepada petugas untuk menyemprot. Baik pemilik toko, warung maupun sopir Angkudes dan Bus merelakan tempat usaha dan kendaraanya untuk disemprot.

Camat menambahkan dalam menangani Covid-19 ini pihaknya tidak hanya melakukan penyemprotan disinfektan saja namun juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Hasilnya sudah nampak yaitu tersedianya pembersih tangan dan air bersih untuk cuci tangan berikut sabun di toko, warung dan kantor baik kantor pemerintah maupun swasta.

Upaya lainnya adalah mendata pemudik sebab sejak diumumkannya karantina mandiri oleh pemerintah banyak perantau yang mudik. “Saat ini jumlah pemudik ke Comal tercatat ada 782 orang,”kata Camat.

Jumlah pemudik ke Kecamatan Comal ini adalah jumlah paling kecil di Kabupaten Pemalang. Jumlah pemudik terbanyak ada di Kecamatan Belik yang dicatat situs Pemalang Tanggap Covid-19 mencapai 4.237 orang. Ada di posisi kedua dalam jumlah pemudik adalah Kecamatan Watumpul sebanyak mencapai 3.618 orang. Sementara jumlah pemudik yang masuk Kabupaten Pemalang sampai Selasa (31/3) mencapai sebanyak 32.902 orang.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA