Take a fresh look at your lifestyle.

Warga Dua Desa Andalkan Jembatan Darurat

* Pembangunan Jembatan Baru Diminta Diprioritaskan

69

BUMIAYU, smpantura.com– Jembatan darurat pengganti jembatan Cidedali yang putus di Desa Banjarsari, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, selesai dibangun. Jembatan dari kayu dan bambu ini akan menjadi tumpuan mobilitas warga hingga pemerintah membangun kembali jembatan baru.

Kades Banjarsari Armas mengatakan, Jembatan Cidedali putus pada Kamis (15/4). Selama ini, jembatan sepanjang 10 meter tersebut menjadi urat nadi transportasi warga Dukuh Tarikembing menuju kantor desa dan ibu kota kecamatan.

Selain warganya, jembatan yang berada di jalan kabupaten ruas Buaran-Banjarsari tersebut, juga menjadi lalu lintas warga Dukuh Cibentang Atas, Desa Cibentang.“Kami berharap pembangunan jembatan baru menjadi prioritas karena fungsi jembatan sangat penting untuk mobilitas dan ekonomi masyarakat,” kata kades, Selasa (20/4).

Selain pembangunan jembatan baru, pemerintah juga diharapkan membenahi kondisi jalan Buaran-Banjarsari.  Menurutnya, sudah lama jalan kabupaten yang menghubungkan dengan wilayah Cimanggu, Cilacap tersebut rusak berat.”Dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai, ekonomi masyarakat pelosok akan menggeliat dan tumbuh,” ujarnya.

Kepala DPU UTPD Wilayah Bantarkawung Purnomo mengatakan, jembatan darurat dibangun secara gotong royong melibatkan warga, TNI, Polri dan BPBD. Menurutnya, jembatan hanya berfungsi untuk pejalan kaki dan sepeda motor.”Ini adalah upaya tanggap darurat bencana supaya warga tidak terisolir,” ujarnya.

Sedangkan untuk pembangunan jembatan baru, Purnomo mengaku sudah mengusulkan anggaran melalui APBD Perubahan 2021.(T06-red)

BERITA LAINNYA