Take a fresh look at your lifestyle.

Warga di Brebes Tangkap Tangan Pencuri Kotak Amal Musala

44

BREBES – Warga Desa Sigambir, Kecamatan/Kabupaten Brebes, berhasil menangkap tangan seorang pria yang mencuri kotak amal, di Musala Baitul Hasanah desa setempat, Kamis sore (25/2). Pelaku nyaris dimasa warga yang emosi, beruntung pelaku berhasil diamankan ke kantor balai desa setempat.

Untuk mengantisipasi hal yang diinginkan, pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Brebes. Pelaku pencurian, adalah Arifin (50) warga Desa Tegalglagah, Kecamatan Bulakamba, Brebes.

Marbot Musala Baitul Hasanah, Sopari menuturkan, kejadian itu berawal saat pelaku salat ashar di musala tersebut. Namun pelaku menunaikan salat, di tempat jemaah perempuan. Tak lama kemudian, ada warga yang melihat kotak amal di musala tersebut terbuka bekas dirusak. Kemudian, warga yang berada di dalam musala teriak maling.

“Tadi sempat salat ashar di sini (musala-red). Setelah salat ashar ada warga yang melihat kotak amal terbuka bekas dibobol. Kemudian dia diteriaki maling. Warga langsung menangkap pelaku, karena hanya dirinya yang berada di dekat kotak amal,”ujarnya.

Kemudian, kata dia warga memeriksa tas pelaku dan ditemukan ada obeng dan,dua betel yang digunakan untuk mencongkel. Selain itu, juga ada sejumlah uang yang diduga hasil curian. “Pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Brebes,” sambung Sopari ditemui di lokasi kejadian.

Sementara pelaku pencurian, Arifin (50) mengaku, terpaksa melakukan pencurian kotak amal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sudah dua minggu ini dirinya belum pulang ke rumah, karena belum mendapatkan uang harian untuk memenuhi kebutuhan hidup. “Saya belum pulang selama dua minggu, karena uang belanja belum cukup. Jadi terpaksa mencuri,” kata di depan penyidik.

Dia mengungkapkan, dirinya bekerja sebagai kuli serabutan dan mengamen. Namun lantaran terdesak kebutuhan hidup, dirinya terpaksa mencuri kotak amal di musala. “Baru kali ini mencuri karena sangat terpaksa. Kalau pulang bawa uang sedikit nanti kurang,” sambungnya.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Brebes, Iptu Iwan Sujarwadi mengatakan, saat ini pelaku beserta sejumlah barang bukti diamankan di Mapolsek Brebes. Pihaknya masih memintai keterangan pelaku atas aksi pencurian yang dilakukan.
“Pelaku masih kami periksa dan kami mintai keterangan,” katanya. (*)

BERITA LAINNYA