Take a fresh look at your lifestyle.

Wali Kota Tegal Dukung Percepatan Pembangunan Bregasmalang

167

TEGAL – Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono mendukung upaya Pemerintah Pusat melalui Perpres Nomor 79 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Brebes-Tegal-Pemalang (Bregasmalang). Dukungan itu direalisasikan dengan memberikan ruang lebih kepada para investor, dan kemudahan perizinan.

“Kami siap melaksanakan seluruh instruksi yang diberikan Gubernur dan Pemerintah Pusat terkait dengan percepatan pembangunan ekonomi di kawasan Bregasmalang. Termasuk, memberikan ruang lebih kepada para investor beserta kemudahan perizinanya,” kata Dedi usai menghadiri Rapat Koordinasi Sinkronisasi Rencana Aksi Perpres Nomor 79 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Brebes-Tegal-Pemalang, Kawasan Kendal-Semarang-SaIatiga-Demak-Grobogan dan Kawasan Purworejo-Wonosobo-Magelang-Temanggung yang dibuka Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Hotel MG Setos Semarang, Senin (20/1).

Dedy sangat mengapresiasi serta mendukung munculnya Perpres Nomor 79 Tahun 2019 yang di dalamnya juga terdapat rencana pengembangan kawasan Pelabuhan Tegal menjadi pelabuhan niaga bertaraf nasional. Pelabuhan itu nantinya akan terintegrasi dengan jalan lingkar utara (Jalingkut) Brebes hingga Kota Tegal. Jalingkut dinilai sebagai satu kesatuan penggerak roda perekonomian di wilayah Brebes, Tegal dan Pemalang.

“Sebagai pintu gerbang Jawa Tengah bagian barat, kawasan Bregasmalang khususnya Kota Tegal menjadi prioritas pertama bagi Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tegal, Gito Musriono mengungkapkan, tujuan Perpres Nomor 79 Tahun 2019 adalah untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Daerah diminta untuk menyediakan kelengkapan dokumen perencanaan pembangunan, kesiapan lahan serta kemudahan dalam perizinan. Hal itu dilakukan agar mempercepat pelaksanaan pembangunan kawasan ekonomi.

“Pembangunan Jalingkut saat ini kembali dilanjutkan oleh Pemerintah Pusat. Ini sebagai satu satu upaya pendukung dalam menarik investor,” terangnya.

Ditambahkan, Jalingkut merupakan salah satu infrastruktur yang mendukung pelayanan penghubung untuk mempermudah dan memperlancar akses antara kawasan industri di Brebes dengan Pelabuhan Tegal. Adanya jalan tersebut juga untuk membuka akses lahan-lahan baru di wilayah Kota Tegal. Dalam tata ruang Kota Tegal, kawasan itu peruntukannya sebagai zona industri.

“Dalam Perpres Nomor 79 Tahun 2019 itu, pengembangan Pelabuhan Tegal juga akan dibangun rel kereta api yang akan terhubung dengan kawasan industri di Brebes,” pungkasnya.(Wiwit/red03)

BERITA LAINNYA