Take a fresh look at your lifestyle.

Wakil Bupati Brebes Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL

97

BUMIAYU– Sebanyak 600 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) diserahkan kepada pemiliknya di Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan, Brebes, Selasa, (8/9).

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Brebes Narjo didampingi Kepala Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Brebes Triyono, Camat Paguyangan Edi Mulyani dan Kades Wanatirta Lukman Hakim.

Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan, program PTSL ini merupakan program dari pemerintah pusat. Ini dilakukan untuk menekan potensi konflik tanah akibat tidak ada dokumen bukti kepemilikan tanah. Oleh karenanya, sertifikat yang sudah didapat tersebut dijaga dengan baik.“Disimpan yang baik, jangan sampai hilang, kata wakil bupati.

Selain mencegah konflik tanah, berbagai manfaat juga diperoleh dari pensertifikatan tanah. Di antaranya, sertifikat bisa digunakan sebagai jaminan pinjaman di bank.”Tentunya pinjaman yang diajukan untuk usaha atau kegiatan produktif, bukan konsumtif,” ujarnya.

Kepala Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Brebes Triyono mengatakan, saat ini jumlah tanah yang bersertifikat di Kabupaten Brebes baru 40 persen. Menurutnya, PTSL hadir untuk meningkatkan jumlah kepemilikan tanah tersebut.”Tahun 2021 mendatang, target PTSL di Kabupaten Brebes ada 100.000 bidang tanah,” ujarnya.

Pihaknya meminta agar desa yang melaksanakan program PTSL menaati SKB tiga menteri tentang biaya pendaftaran sertifikat PTSL.

Kades Wanatirta Lukman Hakim mengatakan total berkas yang diajukan dalam program PTSL sebanyak 1.725 bidang tanah.”Yang sudah selesai dan hari ini (kemarin) dibagikan sebanyak 600 sertifkat. Sisanya masih dalam proses,” katanya. Dia menegaskan, pemerintah desa masih akan mengusulkan progran PTSL untuk meningkatkan jumlah sertifikat kepemilikan tanah di wilayahnya.(Teguh Tribowo/red38)

BERITA LAINNYA