Take a fresh look at your lifestyle.

Vaksinasi Sinovac di Kota Bahari Berlangsung 14 Februari

68

TEGAL – Proses vaksinasi Covid-19 di Kota Bahari dipastikan berlangsung pada 14 Februari 2021 mendatang. Kepastian ini disampaikan Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi sesaat setelah melakukan monitoring persiapan tempat vaksinasi di dua rumah sakit, Kamis (14/1) siang.

“Jika tidak ada halangan, 14 Februari 2021 sudah mulai vaksinasi. Untuk tahap pertama ini ada 1.420 sasaran untuk SDM kesehatan dan 10 pejabat publik dari Forkopimda hingga tokoh agama,” kata Jumadi saat meninjau Ruang Vaksinasi milik RSUI Harapan Anda.

Dijelaskan dia, proses vaksinasi di Kota Bahari dapat dilakukan di 13 fasilitas layanan kesehatan. Mulai dari tiga rumah sakit, delapan puskesmas dan dua klinik. Adapun rumah sakit yang ditunjuk yakni RSUD Kardinah, RSU Islam Harapan Anda dan RS Mitra Keluarga.

Sedangkan delapan puskesmas, terdiri dari Puskesmas Panggung, Slerok, Randugunting, Debong Lor, Bandung, Tegalsari, Sumurpanggang dan Kaligangsa. Sementara untuk klinik, berada di Klinik As Syifa, Kelurahan Panggung dan Klinik Werkudoro, Kelurahan Slerok.

“Harapannya, semoga tidak ada kendala dalam realisasi di lapangan. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin, dapat mendaftar ke kita (Pemkot Tegal-red),” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati mengungkapkan, Kota Tegal batal menerima vaksin tahap satu termin pertama, menyusul adanya surat dari Kemenkes. Dimana vaksin yang sudah tiba di Jawa Tengah sejumlah 62.560 dosis dialihkan untuk tiga daerah penyangga Ibu Kota.

Ketiga daerah tersebut yani, Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta. Sementara Kota Tegal, nantinya tergabung sebagai penerima vaksin tahap satu termin kedua. Adapun jumlah vaksin yang dialokasikan di Kota Tegal sejumlah 2.840.

“Untuk sasaran vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 2.825, SDM kesehatan 1.420 dan 10 pejabat publik. Nantinya, setiap nakes akan menerima SMS terlebih dahulu sebelum dilakukan vaksinasi. Termasuk saya, beberapa hari lalu sudah mendapat SMS pemberitahuan untuk melakukan vaksinasi,” tegasnya. (*)

BERITA LAINNYA