Take a fresh look at your lifestyle.

Vaksinasi Dosis Kedua di Kota Tegal Dimulai

91

TEGAL – Sejumlah tenaga kesehatan dan pejabat publik di Kota Tegal menjalani vaksinasi tahap pertama dosis kedua di RSUD Kardinah, Senin (8/2) siang. Pada vaksinasi dosis pertama, Kota Tegal berhasil merampungkan sekitar 64,48 persen.

“Alhamdulillah vaksinasi dosis kedua berjalan lancar. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat warga Kota Tegal, bahwasanya vaksin itu memang salah satu cara kita menghadapi pandemi ini. Setelah ini, sasaran berikutnya adalah masyarakat,” kata Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi usai mendapatkan vaksin dosis kedua di RSUD Kardinah.

Jumadi berpesan, masyarakat diharap tidak perlu takut dan beropini maupun termakan berita bohong mengenai vaksinasi. Sebab, proses tersebut merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk memerangi pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati mengungkapkan, vaksinasi tahap kesatu dosis pertama telah rampung dua pekan lalu dengan capaian 64,48 persen. Dari 10 pejabat publik yang dicanangkan, hanya bisa tujuh yang mendapat vaksinasi.

Sementara untuk tenaga kesehatan, kata Prima, semua telah diusulkan. Meski dari keseluruhan yang diusulkan itu beberapa diantaranya memiliki penyakit bawaan atau komorbid, penyitas dan sedang hamil.

“Jumlah nakes yang sudah divaksin ada 2.017 orang dan 208 orang masih ditunda. Sedangkan yang gagal ada 407 orang karena eksklusi atau memiliki komorbid, penyitas dan hamil,” bebernya.

Ditambahkan, untuk vaksinasi tahap kedua dengan sasaran pelayan publik hingga kini masih menunggu informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Namun, data penerima vaksin tahap kedua dapat lebih akurat sehingga capaian vaksinasi dapat 100 persen.

“Tahap kedua ini sasarannya TNI Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), DPRD dan semua pelayan publik,” tutupnya. (*)

BERITA LAINNYA