Take a fresh look at your lifestyle.

Usulan Nama Calon Pimpinan DPRD Ditetapkan

115

BREBES – DPRD Kabupaten Brebes menetapkan nama calon pimpinan DPRD periode 2019-2024 yang telah diusulkan partai politik melalui sidang paripurna, Senin (16/9). Sebanyak empat nama anggota DPRD yang telah diusulkan partai politik pemenang Pemilu 2019 untuk duduk sebagai calon pimpinan DPRD definitif.

Keempat nama itu meliputi, M Taufik yang diusulkan PDIP selaku Ketua DPRD. Kemudian, Zubad Fahilatah diusulkan PKB, Teguh Wahid Turmudi diusulkan Partai Golkar dan Wurja diusulkan Partai Gerindra. Ketiga nama tersebut diusulkan untuk menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD.

“Hari ini, kami melalui sidang paripurna telah menetapkan nama-nama calon pimpinan DPRD yang diusulkan partai politik pemenang Pemilu 2019,” ujar Ketua Sementara DPRD Kabupaten Brebes, Moh Rizki Ubaidillah, Senin (16/9), usai rapat paripurna.

Dia mengungkapkan, sesuai aturan, hanya ada empat partai politik pemenang pemilu yang berhak mengusulkan nama-nama calon untuk dudup di pimpinan DPRD. Yakni, PDIP untuk jabatan Ketua DPRD. Kemudian, PKB, Golkar dan Gerindra untuk jabatan Wakil Ketua DPRD. Itu lantaran dari hasil Pemilu tahun 2019, keempat partai tersebut mendapatkan kursi terbanyak di DPRD Brebes. “Sudah ada empat nama yang kami terima dari usulan masing-masing partai ini. Namun dari empat nama calon pimpinan DPRD, baru dua orang yang secara resmi kami tetapkan hari ini. Yakni, M Taufik dan Wurja. Sedangkan dua nama lain belum ditetapkan karena mereka belum diambil sumpah. Setelah diambil sumpah oleh Ketua DPRD definitif, baru akan kami tetapkan sebagai calon pimpinan DPRD,” ungkapnya.

Menurut dia, setelah proses penetapan nama calon pimpinan DPRD itu, selanjutkan akan disampaikan ke Gubernur Jateng. Kemudian, setelah rekomendasi turun akan dilakukan pelantikan. Ketika Ketua dan seorang Wakil Ketua DPRD itu dilantik, baru akan dilakukan pengambilan sumpah kepada anggota DPRD yang tidak mengikuti pelantikan secara bersama-sama beberapa waktu lalu, termasuk kedua orang calon pimpinan DPRD tersebut. “Jadi, nanti prosesnya ketika dua nama calon pimpinan DPRD sudah dilantik. Mereka akan akan melantik anggota DPRD yang belum diambil sumpah beberapa waktu lalu. Kemudian, baru dua nama calon pimpinan DPRD lainnya yang telah diusulkan ditetapkan dan dilantik,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pilantikan pimpinan DPRD yang namannya sudah ditetapkan, ditargetkan akan dilaksanakan dalam pekan depan. Sebab, pihaknya hingga kini masih menunggu rekomendasi dari Gubernur Jateng. “Target kami, minggu depan sudah ada Ketua dan Wakil Ketua DPRD definitif yang dilantik,” tandasnya.

Dia menambahkan, setelah seluruh unsur pimpinan DPRD tersebut dilantik, lembagannya akan fokus dalam pembentukan alat kelengkapan DPRD. Di antaranya, komisi, badan anggaran, badan legislatif dan badan kehormatan. “Yang jelas, kami upayakan secepatnya alat kelengkapan DPRD ini terbentuk, sehingga DPRD bisa bekerja maksimal,” pungkasnya.

(setiawan-red)

BERITA LAINNYA