Take a fresh look at your lifestyle.

USAID Support RSUD Bumiayu Turunkan AKI

136

BUMIAYU– RSUD Bumiayu berkomitmen menjadi rumah sakit rujukan pelayanan obstetri neonatal emergency komprehensif (Ponek) sebagai upaya untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) Kabupaten Brebes.

Selain saat ini sedang dilakukan peningkatan sarana dan prasarananya, RSUD Bumiayu juga mendapatkan support dari United States Agency for International Development (USAID) melalui program Jalin.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Bumiayu dr Ali Budiarto, Rabu (31/7).”USAID mendukung komitmen kita menurunkan AKI. Kemarin, tim USAID Jalin yang dipimpin dr Daliman SpOg sudah datang untuk melakukan supervisi dan asasment,” ujarnya.

Dikemukakan Ali, Jalin merupakan program khusus dari USAID untuk mengurangi kematian ibu dan anak dengan mengonsolidasikan lintas sektoral. Melalui Jalin, USAID dan Kemenkes akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir di fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta.”Jalin akan membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem rujukan medis dan bekerja sama dengan para profesional kesehatan di sektor publik maupun swasta, penyedia jasa asuransi, dan penyusun kebijakan agar lebih responsif terhadap kebutuhan pasien,” katanya.

Adapun untuk sarana prasarana, Ali menambahkan, saat ini sedang dilakukan pembangunan gedung penunjang dan pelayanan medik lima lantai. Pembangunan fasilitas itu ditarget selesai akhir Desember mendatang.”Pemanfaatan gedung ini salah satunya digunakan sebagai ruang Ponek,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sartono mengatakan pemkab sangat serius meningkatkan pelayanan kesehatan. Salah satunya diwujudkan dengan pembangunan gedung lima lantai RSUD Bumiayu untuk pelayanan Ponek. Pihaknya menyambut positif program Jalin-USAID dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Brebes.(Teguh Tribowo/ Red38)

BERITA LAINNYA