Take a fresh look at your lifestyle.

UPS Tegal Segera Kukuhkan Profesor

270

* Jadi Penyemangat Doktor Lainnya

TEGAL – Universitas Pancasakti (UPS) Tegal bakal segera mengkukuhkan satu profesor, atau guru besar lagi di bidang pendidikan, di akhir bulan ini. Dia adalah Dr Siti Hartinah DS MM.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas Promosi dan Hubungan Kerja (Humproker) perguruan tinggi tersebut, ditetapkan sebagai Guru Besar bergelar Profesor dari Kemendikbud melalui Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti, pada 1 November 2019.

Tapi SK Nomor : 560/02.1/KK.01.00/GB/2019, diterima yang bersangkutan pertanggal 11 November 2019. ”Suratnya sudah saya terima, tapi pengukuhannya biasanya lama. Kan dulu Prof Dr Tri Jaka Kartana MSi (Almarhum), waktu pengukuhannya juga lama. Tapi ini sudah ada kepastian untuk pengukuhan saya sebagai guru besar,” ucap Dr Siti Hartinah DS MM.

Dr Siti Hartinah DS MM dan suami

Perlu diketahui almarhum Prof Dr Tri Jaka Kartana MSi adalah guru besar pertama yang dilahirkan UPS Tegal. Sedangkan Dr Siti Hartinah DS MM, akan menjadi guru besar kedua di perguruan tinggi tersebut.

Menurut mantan Dekan FKIP UPS Tegal yang kini menjabat Kepala UPT Humproker perguruan tinggi itu, tanggal pengukuhan dirinya sebagai guru besar akan digelar pada Senin (27/1) mendatang.

Dia pun sudah mempersiapkan materi orasi ilmiah yang akan disampaikan usai pengukuhan itu. Juga buku biografi yang sudah dicetak, yang ditulis penyair dan jurnalis Kota Tegal.

Tak Lelah

Bercerita tentang perjalanannya mencapai predikat tertinggi dalam keilmuannya, Siti Hartinah mengungkapkan hal yang dinilai harus dilakukan tak kenal lelah, dan tak mudah putus asa.

Sebab berbagai ganjalan dia lalui. Mulai dari aturan baru yang harus ditaati, hingga berkali ulang mengajukan permohonan menjadi guru besar. Karena jurnal ilmiah atau karya ilmiah berstandar internasional yang harus dipublikasikan, harus diperbarui.

”Saya bersyukur, publikasi ilmiah yang berstandar internasional, sudah banyak yang diterbitkan. Dan ini menjadi pertimbangan penilaian Kemendikbud Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti, yang akhirnya menerbitkan standar nilai saya memenuhi syarat untuk memperoleh gelar guru besar,” ucap dia.

Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum, dan Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr Imawan Sugiharto SH MH menilai, pencapaian yang telah diraih Dr Siti Hartinah DS MM, hendaknya dapat menjadi penyemangat para doktor lainnya di perguruan tingginya, untuk meraih pencapaian serupa.

Sebelumnya Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Jateng Prof Dr DYP Sugiharto mengatakan, agar para doktor di perguruan tinggi tersebut dapat meraih gelar Profesor, harus secepatnya mendaftar.

”Kalau nda mendaftar ya, nda bakal dapat gelar. Nanti kalau sudah mendaftar kan akan diketahui persyaratannya apa saja. Misal publikasi ilmiah berstandar Scopus yang sudah internasional dan lain-lain. Jadi harus berani mendaftar dulu,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA