Take a fresh look at your lifestyle.

UPS Tegal Rintis Kerja Sama dengan India

128

UPS Tegal Rintis Kerja Sama dengan India

* Diawali Dengan Pertukaran Mahasiswa dan Penelitian

TEGAL – Upaya meningkatkan kualiatas kelembagaan, penelitian, publikasi dan lulusan perguruan tinggi, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal merintis perjanjian kerjasama internasional, dengan perguruan tinggi ternama di Asia Selatan, Chitkara University, Punjab, India.

Kerjasama itu ditandatangani, bersamaan dengan kehadiran Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum, dan jajaran pengurus Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), menghadiri seminar internasional, yang digelar perguruan tinggi tersebut, mulai Minggu (10/11) hingga (13/11). Seminar itu menggundang sejumlah pengurus dan anggota Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI)

”Sebelum seminar internasional dimulai, kami melakukan perintisan kerjasama antarperguruan tinggi UPS Tegal dengan Chitkara University India. Jadi ini kerjasama kami dengan perguruan tinggi di Asia Selatan. Sebelumnya sudah kami lakukan dengan sejumlah perguruan tinggi di negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN,” terang Dr Burhan Eko Purwanto, didampingi Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto MH.

MENGANGKAT TANGAN : Rektor UPS Tegal dan jajaran pengurus YPP, bersama jajaran rektoriat Chitkara University, Punjab, India, bergandengan dan mengangkat tangan bersama usai penandatangan naskah MoU.(Foto : smpantura.com/dok-red07)

Pengurus YPP lainnya yang turut hadir dalam seminar dan menyaksikan MoU tersebut adalah, Wakil Ketua Dr Eddy Praptono MH, Bendahara Dr Muntoha Nasuha MPd dan
Sekretaris Dr Taufiqulloh MHum.

Tri Dharma

Penandatanganan nota kesepamahan (memorandum of understanding-MoU) antara UPS Tegal dan perguruan tinggi itu, dilakukan Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum dan Vice Presiden Chitkara University Dr Manjider Singh Dhaliwal.
Kedua perguruan tinggi itu, sepakat kerja sama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Antara lain, pertukaran mahasiswa seperti Sit In, Transfer Credit, dan Summer Camp.

Selain itu ada juga kunjungan dan pertukaran mengajar antardosen, Visiting Lecture (Professor), penelitian atau publikasi ilmiah (Joint Research/Publication), dan kerjasama seminar internasional (Joint International Seminar).

Dr Burhan Eko Purwanto MHum mengatakan, realisasi kerja sama tersebut akan dimulai tahun depan. Diawali dengan pertukaran mahasiswa selama satu semester dalam program transfer kredit. Kemudian menyusul kerjasama lainnya seperti penelitian, seminar maupun publikasi ilmiah.

Sementara itu, seminar bertajuk ”The 25th Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) International Conference in Collaboration with Chitkara University”, yang berlangsung mulai Minggu (10/11) hingga Rabu (13/11), juga didimanfaatkan dengan kegiatan pengenalan kampus Chitkara University yang diikuti seluruh peserta.(Riyono Toepra/red07)

BERITA LAINNYA