Take a fresh look at your lifestyle.

UPS Tegal Pertahankan Akreditasi B

180

* Jadi Tolok Ukur Kualitas Perguruan Tinggi

TEGAL – Di masa sulit pandemi Covid 19, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, ternyata mampu mempertahankan akreditasi institusi predikat B, yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Akreditasi Institusi Peguruan Tinggi (AIPT).

Hal itu terungkap ketika Ketua Tim Akreditasi Institusi Dr Achmad Irwan Hamzani MAg, didampingi Kepala Lembaga Penjaminan Mutu perguruan tinggi tersebut Dr Beni Habibi MPd, menyerahkan sertifikat akreditasi itu ke Rektor UPS Tegal, Prof Dr Fakhruddin MPd, Senin (22/6).

”Sertifikat akreditasi ini merupakan legalitas lembaga pendidikan tinggi yang telah terakreditasi oleh BAN-PT dan AIPT.

Ini menjadi pijakan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas dan pelayanan di bidang pendidikan.

Sekaligus memberi dorongan perguruan tinggi untuk terus memperbaiki diri. Meski sudah memperoleh predikat B,” terang Rektor UPS Tegal, setelah menerima sertifikat tersebut, disaksikan dosen dan karyawan, di halaman Gedung Rektorat, usai apel pagi.

Dia pun berkomitmen akan terus memperbaiki diri. Termasuk menyiapkan sarana dan prasarana lebih baik lagi.

Sebab hal itu memiliki tujuan yang saling berkait, dalam pengembangan perguruan tinggi yang dipimpinnya.

Lulusan Menjanjikan

Jika kualitas perkuliahan yang ditunjang sarana dan prasarana lebih baik, menurut dia, akan memicu menghasilkan lulusan dengan kualitas lebih menjanjikan.

Hal itu sangat mendukung peraihan akreditisasi fakultas, prodi maupun institusi lebih baik lagi.

Sementara itu, Dr Achmad Irwan Hamzani MAg mengatakan, akreditasi sebenarnya merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif, atas komitmen perguruan tinggi.

Terutama terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Seperti untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikannya.

”Ini yang harus diperhatikan sebuah perguruan tinggi. Karena ini juga bisa menjadi tolok ukur kualitas sebuah perguruan tinggi,” ucap dia.

Dia mengungkapkan, institusi pendidikan tinggi seperti UPS Tegal, meraih penilaian peringkat B, dari BAN-PT berkait dengan AIPT.

Itu berdasarkan keputusan BAN-PT No 84/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PTIV/2020. Sertifikat akreditasi tersebut berlaku lima tahun sejak 11 April 2020 – 11 April 2025.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA