Take a fresh look at your lifestyle.

UPS Tegal Ditunjuk Gembleng Kepsek

150

* Tindaklanjut Permendikbud No 6 Tahun 2018
* Kepsek Harus Lulus Diklat dan Miliki STTPP

TEGAL – Kepercayaan pemerintah (Kemdikbud) terhadap Universitas Pancasakti (UPS) Tegal kini terus meningkat. Hal itu setelah dipercaya menggelar Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan membuka studi lanjut Magister Pedagogi, kini ditunjuk untuk menggembleng Kepala Sekolah (Kepsek).
Penunjukkan itu berdasar SK Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Nomor : 5497/B1.3/HK/2019 Tentang Penetapan Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan, yang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepsek Tahap 4.
”SK Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan ini, kemudian kami dari Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) FKIP UPS Tegal menggelar kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah untuk wilayah Kabupaten Tegal, dengan 415 peserta,” terang Dekan FKIP UPS Tegal Dr Purwo Susongko MPd, didampingi Kepala LPD fakultas perguruan tinggi itu, Dr Suriswo MPd.
Dia yang juga penanggungjawab kegiatan itu mengatakan, kelak kepsek yang telah diangkat sebelum diundangkan Permendikbud No 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, wajib mengikuti diklat penguatan

ANGKATAN PERTAMA : Sebanyak 138 Kepsek TK, SD dan SMP di Kabupaten Tegal yang mengikuti Diklat Penguatan Kepsek angkatan pertama yang digelar Kemendikbud Pusat bekerjasama dengan LPD FKIP UPS Tegal. Angkatan kedua dan ketiga akan digelar pada pekan berikutnya hingga Oktober tahun ini.(Foto : Riyono Toepra/smpatura.com-red07)

Kepsek. Itu untuk memperoleh Sertifikat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) Penguatan Kepala Sekolah. ”Jadi untuk Kepsek mendatang wajib mengantongi atau memiliki STTPP. Syaratnya ya harus ikut diklat ini,” tandas dia, usai pembukaan kegiatan itu di Premiere Guest Hotel, Kota Tegal, Selasa (10/9).
Angkatan Pertama
Khusus untuk kegiatan diklat penguatan kepsek yang digelar lembaganya, dengan peserta dari kepsek TK, SD, dan SMP sebanyak 415 orang, dibagi dalam tiga angkatan. Kegiatan diklat untuk angkatan pertama digelar mulai Selasa (10/9) sampai dengan Selasa (17/9) dengan peserta sebanyak 138 kepsek dari tiga tingkatan sekolah itu, di Hotel Premiere Guest Hotel di Jl Martoloyo Kota Tegal.
Diklat angkatan kedua, dengan jumlah peserta yang sama, akan digelar pada Senin (23/9) hingga Senin (30/9). Angkatan ketiga dengan peserta sebanyak 139 orang, rencananya digelar pada Kamis (3/10) sampai dengan Kamis (10/10).
Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto menambahkan, dengan bertambahnya kepercayaan yang diberikan Kemdikbud ke perguruan tinggi yang dipimpinnya, sudah pasti akan membuat peningkatan kesibukan para dosen di FKIP perguruan tingginya.
Apalagi penunjukkan LPD oleh Kemdikbud Pusat, salah satu syaratnya perguruan tingginya telah dipercaya menyelenggaran kegiatan program PPG. Di sisi lain, perguruan tinggi di Pantura Barat atau di wilayah eks Karesidenan Pekalongan baru UPS Tegal yang membuka program tersebut.
Bila dikaitkan dengan jumlah kepsek yang belum mengantongi STTPP di tujuh daerah tingkat dua di eks Karesidenan Pekalongan, jumlahnya mencapai belasan ribu. ”Untuk Kabupaten Tegal saja dari ribuan sekolah yang ada, kepsek yang sudah masuk target mengikuti kegiatan diklat ini baru sebnayak 415. Jadi masih banyak lagi yang belum mengikuti dan waktunya masih cukup lama bagi kepsek lainnya untuk mengikuti diklat ini,” ucap dia.(Riyono Toepra/red07)

BERITA LAINNYA