Take a fresh look at your lifestyle.

UPS Kirim Dua Mahasiswi FH ke Filipina

171

* Ikut Program Sit In di Kampus IIST

TEGAL – Universitas Pancasakti (UPS) Tegal kembali mengirimkan mahasiswanya ke perguruan tinggi luar negeri. Salah satunya adalah mengirimkan dua mahasiswi Fakultas Hukum ke Filipina.
Kedua mahasiswi tersebut adalah, Tifanny Vika Noviadhealiyani dan Alfianti Dwi Rahma. Mahasiswi semester tujuh itu, baru saja menyelesaikan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bulan lalu.
”Besok pagi sudah bertolak ke Imus Institute of Science and Technology (IIST) Filipina untuk mengikuti program Sit In, selama 19 hari. Terhitung sejak Selasa (3/9) hingga Sabtu (21/9),” terang Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum, saat melepas keberangkatan dua mahasiswi perguruan tingginya, Senin (2/9).
Rektor didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri (KDLN) Dr Yoga Prihatin MPd dan Dekan Fakultas Hukum (FH) Dr Achmad Irwan Hamzani MHI, menambahkan, pengiriman dua mahasiswinya ke luar negeri selain untuk menambah wawasan dan pengalaman akademik, juga dibidang soft skill mahasiswi tersebut.
Mereka juga akan saling mengenalkan budaya dan seni nasional Indonesia, juga hal lokal yang berkembang di Tegal dan sekitar. Mulai dari bahasa, seni, dan ketrampilan tambahan yang dimiliki. ”Pengiriman mahasiswi ini juga sebagai langkah awal untuk realisasi kerjasama yang sudah ditandatangani sebelumnya. Jadi nanti juga ada mahasiswa dari Filipina yang akan kuliah di UPS Tegal,” ucap Dr Burhan Eko Purwanto MHum.
YPP Mendukung
Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr Imawan Sugiharto MH mengatakan, sangat mendukung kegiatan perguruan tinggi yang dikelolanya, dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri.
”Selama ini yang dikirim tak hanya mahasiswa atau mahasiswi, tapi sejumlah dosen juga dikirim ke luar negeri untuk menambah pengalaman akademiknya dan hal-hal lainnya. Jadi YPP sangat mendukung kegiatan ini,” ucap dia.
Sementara itu, Dr Yoga Prihatin MPd menambahkan, sejumlah mahasiswa dan mahasiswinya yang sebelumnya sudah dikirim ke sejumlah perguruan tinggi di luar negeri menyatakan kesan yang baik. Bahkan menjadi bekal penting ketika sudah lulus kuliah dari UPS Tegal.
Sebagai catatan, pada pekan terakhir Januari lalu, perguruan tingginya juga mengirimkan
empat mahasiswa ke Hatyai University Thailand, untuk mengikuti program Sit In. Empat mahasiswanya yang dikirim ke Thailand berasal dari empat fakultas.
Mereka adalah, Aistesia Patriandita (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Dwi Nurhidayani (Fakultas Teknik), Erik Elvando (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), dan Lembah Anjar Kinanthi (Fakultas Hukum).
Perguruan tingginya juga telah menandatangi kerjasama program serupa, dengan Prince of Songkhla University Krungthep Thailand, Dong Do University Vietnam, Universiti Utara Malaysia, University Sabah Malaysia, dan beberapa universitas lainnya.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA