Take a fresh look at your lifestyle.

Unit Donor Darah PMI Pos Bumiayu Resmi Pindah Kantor

305

BUMIAYU,smpantura.com Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Brebes Pos Bumiayu resmi pindah kantor ke komplek Kantor Kecamatan Bumiayu, Senin (24/5). Semula unit layanan donor darah tersebut menempati bangunan ek RSU Muhammadiyah Siti Aminah di Jalan Diponegoro Bumiayu.

Peresmian kantor baru disaksikan perwakilan rumah sakit yang ada di Bumiayu. Ketua PMI Kabupaten Brebes Wahidin Soedja mengatakan, kantor baru yang sekarang ditempati berstatus sewa.”Gedung yang kita pakai ini milik pemkab yang merupakan rumah dinas camat,” katanya.

Kedepan, lanjut Wahidin, PMI berharap bisa memiliki gedung permanen. Hal ini mengingat ruangan kantor yang digunakan sangat terbatas.”Kami berharap pemkab bisa membantu. Peran PMI sudah jelas, untuk kemanusian,” ujarnya.

Saat ini, Wahidin menambahkan, permintaan darah di UDD PMI Pos Bumiayu cukup tinggi, yaitu mencapai 300 kantong perbulan. Sementara stok darah cenderung berkurang menyusul pandemi Covid-19.”Ini menjadi tantangan bagi kita untuk memenuhi kebutuhan darah,” ujarnya.

Menurutnya, berbagai cara dilakukan untuk mencukupi stok darah. Salah satunya dengan jemput bola mendatangi pendonor. Lalu dengan donor darah massal dan pemberian souvenir bagi para pendonor sebagai bentuk apresiasi.”Ini cukup untuk efektif. Terbukti kita berhasil mengumpulkan 330 kantong darah dari donor darah massal di bulan Ramadan kemarin,” kata dia.

Camat Bumiayu Eko Purwanto mengatakan kehadiran Kantor UDD PMI Pos Bumiayu selama ini sangat membantu warga yang membutuhkan darah. Oleh karena itu, pihaknya mengajak masyarakat mendonorkan darahnya. Menurut dia, ketersediaan stok darah di PMI sangat tergantung pada kesediaan masyarakat mendonorkan darahnya.”Selain untuk menolong sesama, donor darah baik untuk kesehatan kita,” ujarnya.(T06-red)  

BERITA LAINNYA