Take a fresh look at your lifestyle.

Uji Coba Satu Arah Sampai 25 Februari

156

PEMALANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pemalang menegaskan uji coba sistem satu arah (SAA) di Jl Jendral Sudirman Pemalang dilaksanakan sesuai rencana yaitu dari tanggal 25 Januari sampai 25 Februari 2020. Kepala Dishub Akhmad Fatah mengatakan hal tersebut usai rapat koordinsi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Rabu (12/2) kemarin di gedung Rekonfu Polres Pemalang.

Fatah mengatakan rapat membahas tentang evaluasi pelaksanaan SAA di Jl Jendral Sudirman.”Dalam rapat juga ada penyampaian pendapat dari masyarakat terutama dari pemilik toko di Jl Jendral Sudirman,”kata Fatah.

Namun Dishub kata dia tetap pada keputusan bahwa uji coba SAA akan berlangsung selama satu bulan di Jl Jendral Sudirman seksi I. Seksi I ini adalah ruas dari simpang tiga Pegadaian sampai dengan simpang tiga Jl Pemuda.

Nanti pada tanggal 25 Februari lanjut dia akan dievaluasi kembali apakah SAA akan dihentikan atau dilanjutkan sampai seksi II bahkan seksi III Jl Jendral Sudirman. Seksi II ini adalah ruas Jl Jendral Sudirman dari simpang tiga Jl Pemuda sampai dengan simpang tiga BCA adapun seksi III adalah ruas Jl Sudirman dari simpang tiga BCA sampai simpang tiga Pasar Beji.

Sementara itu sistem satu arah ini sejak diberlakukan menuai pro dan kontra di masyarakat. Penerapan kebijakan ini hanya berlaku bagi kendaraan dari arah alun-alun menuju ke timur. Sementara kendaraan dari arah Pekalongan menuju ke barat harus belok kiri menuju ke Jl Pemuda.

Di lapangan keluhan pengguna jalan dari arah Pekalongan adalah saat melintas di Jl Pemuda sebab di simpang tiga Jl Pemuda-Jl Sindoro sering terjadi kesemrawutan lantaran kendaraan saling potong jalur. Untukmenghindari kesemrawutan ini kendaraan dari arah Pekalonganmemilih lurus ke selatan tetap di Jl Pemuda.

Kemudian kendaraan yang memilih melintas di Jl Sindoro sering menjumpai masyarakat yang melanggar rambu-rambu larangan masuk Jl Sindoro, mereka melawan arus. Bila ditegur bukannya berterima kasih atau malu, tetapi malah marah.

Sementara itu melalui rapat kemarin menurut Kepala Dishub sekaligus meluruskan informasi di media sosial yang menyampaikan bahwa SAA akan dikembalikan ke sistem dua arah dalam dua pekan lagi. Menurut dia informasi tersebut tidak benar dan SAA masih dalam tahap uji coba.

BERITA LAINNYA