Take a fresh look at your lifestyle.

Ubah Sampah Jadi Bahan Bakar Pelet

- Terapkan Metode TOSS

193

TEGAL – Persoalan penumpukan sampah hingga kini masih menjadi momok di Kota Tegal. Oleh karena itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal terus mencoba melakukan terobosan baru guna mencari solusi yang terbaik. Salah satunya dengan menerapkan metode Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang mengubah sampah menjadi bahan bakar pelet pengganti batu bara.

Upaya tersebut, diwujudkan dengan memberikan pelatihan bagi semua pengelola di 21 TPST Kota Tegal yang digelar TPST 3 R Rizki Barokah Mintaragen, Selasa-Rabu (14-15/1) . Bahkan, dalam pelatihan tersebut menghadirkan narasumber Amim Mustoli dan Ginanjar dari Bandung yang merupakan penemu Metode TOSS.

Menurut Kepala DLH, Resti Drijo Prihanto, penerapan Metode TOSS di lingkungan TPST bertujuan untuk meminimalisir residu sampah. Sebab, masih banyaknya sampah organik dan anorganik yang tercampur butuh solusi konkret dalam pengelolaan serta penanganannya. Terlebih, dengan adanya rintisan TPST 3R Mintaragen terbukti efektif mengolah sampah menjadi barang bernilai guna dan ekonomis.” Dengan pelatihan ini pengelola TPST diharapkan bisa langsung diterapkan di masing-masing TPST,” katanya.

Sementara itu, Penemu Metode TOSS sekaligus narasumber pelatihan, Amim Mustoli menyampaikan, penerapan Metode TOSS dipastikan sangat efektif untuk mengolah semua sampah campuran. Terlebih, sampah plastik dan organik yang menjadi bahan baku kombinasi dengan proses peuyemisasi, pencacahan hingga dipress menjadi pelet.”Waktu produksi bahan bakar pelet, juga tergolong cepat yakni lima hari peuyemisasi ditambah dua hari untuk pencacahan hingga cetak pelet,” ujarnya.

Dia menambahkan, terkait komposisi sampah yang digunakan dalam metode TOSS juga tidak terlalu sulit untuk dikelola. Yakni, 50 persen sampah organik dan 50 persen sisanya sampah anorganik maupun sudah tercampur. Namun, harus dipastikan melalui proses peuyemisasi untuk menghilangkan bau menyengat dan memudahkan produksi. “Dalam proses Metode TOSS, sampah seberat 1 ton bisa menghasilkan 500 kg pelet bahan bakar,” tandasnya.(Wawan Hudiyanto)

BERITA LAINNYA