Take a fresh look at your lifestyle.

”Turun Gunung”, Dede Indra Temui Konstituen di Dapil X

151

PEKALONGAN – Belum lama ini, Anggota Komisi I DPR RI, Dede Indra Permana ”turun gunung” menemui konstituennya yang berada di daerah pemilihan (Dapil X), tepatnya wilayah Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan Kota Pekalongan. Dia datang dalam rangka mengikuti seminar Merajut Nusantara dengan tajuk ”Cerdas, Kreatif dan Produktif bersama Internet Sehat” di Hotel Dafam. Dalam kesempatan itu, dia membawa oleh-oleh berupa program mengenai pendirian rumah pintar di semua kecamatan yang ada di Kota Pekalongan.

”Dalam membuat program ini kami bekerjasama dengan kementrian kominfo RI dan realisasinya insya allah tahun depan.” katanya.

Mengapa mendirikan rumah pintar? Dede menjelaskan saat ini merupakan era digital sehingga masyarakatpun harus ”melek” teknologi. Di luar negeri, internet boleh dibilang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat setempat. Sebab semua kegiatan bisa dilihat, dilakukan melalui akses internet.

Dalam program rumah pintar tersebut, nantinya dipasang wifi gratis yang tujuannya bisa diakses oleh masyarakat secara terbuka. Dengan fasilitas tersebut, banyak informasi dan wawasan yang bisa diambil dari sana sehingga jangan sampai menjadi penonton. Namun demikian, dalam melakukan akses internet, masyarakat pun harus pintar sesuai dengan keberadaan rumah pintar.
Pasalnya, cukup marak para pengguna internet dimanfaatkan untuk konten negatif di sejumlah media sosial (medsos). Misalnya menyebar berita bohong atau membuat informasi dengan tujuan untuk kepentingan tidak baik, seperti mengadu domba dan lain-lain. Makanya ketika mengetahui atau melihat informasi tersebut, masyarakat tidak gegabah dalam menanggapinya.
Paling tidak mereka harus mengecek kebenaran informasi tersebut, apakah benar atau tidak. Sekali lagi Dede mengimbau kepada seluruh masyarakat di Dapil X agar bisa menjadi pengguna internet yang cerdas dan pintar. Harapannya, jangan sampai mereka justru menerima mudhorot lebih besar dengan keberadaan internet, tapi harus memanfaatkannya guna meningkatkan kualitas diri, kualitas ekonomi dan sosial.

Selanjutnya dijelaskan, dalam mendirikan rumah pintar di Kota Pekalongan, dia lebih dahulu akan melakukan pendataan kebutuhan di masing-masing kecamatan. Setelah semuanya terdata dengan baik, maka segera direalisasikan pembuatan rumah pintar.

Ditambahkan, selain mengikuti seminar dan memaparkan soal rumah pintar, kedatangannya ke Kota Batik dalam rangka silaturahmi dengan semua konstituennya di Dapil X. Mereka saat pelaksanaan pemilihan calon legislatif sangat membantu sehingga dirinya bisa terpilih dan duduk di kursi DPR RI. Sebagai ucapan terimakasih, maka sengaja meluangkan waktu untuk bertemu dengan mereka.”Sebelumnya saya betemu dengan konstituen di Kabupaten Batang dan sehari berikutnya di Kota Pekalongan,” tandasnya.

(Moch Achid Nugroho/red8 )

BERITA LAINNYA