Take a fresh look at your lifestyle.

Tujuh Warga Positif Tertular dari Transmisi Lokal Virus

250

BREBES – Tambahan tujuh warga di Kabupaten Brebes yang terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19), diketahui muncul akibat Transmisi Lokal virus. Mereka merupakan keluarga dari klaster Itijma Gowa Sulawesi Selatan dan keluarga pemudik, yang sebelumnya sudah dinyatakan positif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sartono melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Imam Budi Santoso, Kamis (14/5) mengatakan, tujuh orang tersebut seluruhnya merupakan warga Kecamatan Bantarkawung. Mereka berasal dari keluarga Itijma Gowa Sulawesi Selatan dan keluarga pemudik. Mereka bisa terkena dan positif akibat adanya transmisi lokal virus, atau kasus infeksi yang terjadi antara masyarakat setempat. Artinya, dari dari klaster Gowa dan pemudik yang positif tersebut, kini telah menular ke masyarakat sekitar.

“Dari ketujuh orang positif ini, lima orang merupakan keluarga dari klaster Itijma Gowa, satu orang merupakan keluarga pemudik, dan satu orang lainnya yang merupakan santri salah satu pondok di Bantarkawung masih kami tracking sumber penularannya,” terangnya.

Selain seorang santri, lanjut dia, salah satunya juga menimpa anak-anak yang baru berusia 9 tahun. Pasien yang bersangkutan merupakan anak dari salah seorang klaster Gowa. “Jadi, yang positif ini rata-rata merupakan keluarga dekat dari warga yang sebelumnya dinyatakan positif. Selain anaknya, kami temukan juga ada istrinya dan saudara ipar,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, satu orang positif yang merupakan santri, kini di rawat di RS Siaga Medika Banyumas. Sedangkan enam orang lainnya masih dikarantina di rumah mereka masing-masing. Sesuai rencana, mereka akan diisolasi di satu tempat, tetapi yang masih dekat dengan tempat tinggalnya. Bisa itu di sekolah atau kantor kecamatan. “Saat ini tim kami, termasuk Camat, Kapolsek, Danramil sedang berkoordinasi dengan warga terkait tempat isolasi. Sebab, tim kami terkendala karena warga menolak. Opsi terakhir, mereka yang positif akan diisolasi di RSUD Bumiayu,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA