Take a fresh look at your lifestyle.

Truk Blong Tabrak Enam Kendaraan, Tiga Tewas

153

BUMIAYU– Truk gandeng G-1830-FR bermuatan gandum mengalami rem blong dan menabrak enam kendaraan di jalur Purwokerto-Tegal, tepatnya di Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Kecelakaan yang terjadi pada Selasa (31/3) sekitar pukul 10.00 ini mengakibatkan tiga orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

Korban tewas yaitu Karmaen (45), tukang ojek asal Desa Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, Warsono (40) warga Desa Taraban, Kecamatan Paguyangan dan Tobari (70) warga Desa Pangebatan, Kecamatan Bantarkawung. Kecelakaan bermula  ketika truk yang disopiri M Taufikurrohman (42) warga Tegal, melaju dari arah Purwokerto. Selepas flyover Kretek, tepatnya di kawasan terminal lama, truk bermuatan gandum tersebut hilang kendali. Dalam kondisi oleng, truk terus melaju ke arah kota dan menabrak pagar tembok SMK Amilia.

Setelah itu, truk oleng ke kanan dan menabrak sepeda motor Honda Supra B-4740-IF. Setelahnya, kepala truk meluncur ke sungai, sedangkan bak (gandengan) truk terus melaju menabrak Sedan Corola D-1820-FK. Lalu menabrak sepeda motor Honda Beat G-4215-ZU dan Kijang Inova B-2418-BKQ. Gandengan truk baru berhenti setelah menabrak truk engkel G-1945-JR. Muatan gandum tumpah berserakan ke jalan. Warga yang mengetahui peristiwa tersebut langsung memberikan pertolongan. Sejumlah korban langsung dievakuasi ke RSU Muhammadiyah Siti Aminah Bumiayu. Salah seorang warga, Maryanto (50) mengatakan, korban tewas merupakan tukang ojek yang sedang menawarkan jasanya kepada warga yang baru turun dari sebuah bus.”Saat kejadian korban tengah berada di pinggir jalan,” kata dia.

Pengemudi Avanza G-8978-GP, Bambang asal Tegal mengaku selamat dari kecelakaan tersebut. Dia membuang kendaraannya ke arah sawah.”Saya dari arah kota Bumiayu. Selepas Brug Bodol, saya lihat truk oleng masuk jurang, sementara gandengan terus meluncur. Saya langsung banting stir ke kanan masuk ke sawah,” kata Bambang.

Sementara itu, untuk memudahkan evakuasi kendaraan dan korban, lokasi kejadian ditutup total untuk sementara waktu. Seluruh kendaraan dari arah Bumiayu maupun Purwokerto diarahkan ke Lingkar Bumiayu. Kaposlantas Bumiayu Aipda Andhi Prasetya mengatakan kecelakaan yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia tersebut masih dalam penyelidikan. Sementara sopir truk M Taufikurohman masih menjalani perawatan di rumah sakit.”Dugaan sementara kecelakaan ini akibat truk bermuatan gandum mengalami rem blong,” kata kaposlantas.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA