Take a fresh look at your lifestyle.

TPI Nyamplungsari Diresmikan Bupati Pemalang

187

PEMALANG – Bupati Junaedi meresmikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Nyamplunsari di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Jumat (10/7). TPI senilai Rp 6 miliar itu akan membantu nelayan dalam memasarkan ikan hasil tangkapannya.

Bupati mengatakan TPI adalah tempat para penjual dan pembeli melakukan transaksi perdagangan ikan baik melalui lelang ataupun mekanisme jual beli lainnya. “Keberadaan TPI dipandang akan sangat membantu nelayan dalam memasarkan dan menjual ikan hasil tangkapannya dan begitu sebaliknya, pembeli juga akan semakin mudah untuk mendapatkan pasokan ikan segar yang didapat langsung dari nelayan,”kata Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati meminta agar TPI Nyamplungsari sebagai sarana umum agar dijaga bersama keberlangsungannya. Dia mengajak untuk bersama-sama menggunakan sarana umum ini dengan bertanggung jawab dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar suasana di TPI terasa nyaman.

Kepala Dinas Perikanan Suharto mengatakan TPI Nyamplungsari berada dalam kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) . Namun demikian Dinas Perikanan hanya mengelola TPI sedangkan PPI menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jateng. Adapun dasar pembangunan TPI kata dia adalah Peraturan Menteri Perikanan nomor 16/2006 tentang Pelabuhan Perikanan dan Perbup nomor 62/2015 tentang Tata Cara Pengelolaan Pemungutan Retribusi Pelelangan Ikan.

“TPI dibangun sejak 2015 secara bertahap mulai dari pengadaan tanah pengurukan dan pembangunan meski belum seratus persen karena rencananya masih akan dibangun mushala pada tahun 2020,”kata dia. Sebelum TPI diresmikan lanjutnya telah dilakukan uji coba lelang selama delapan hari dengan hasil lelang mencapai 2,4 ton atau rata-rata tiga kuintal perhari. Dari ujicoba itu nilai raman (penghasilan nelayan) mencapai sebanyak Rp 45.705.000.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA