Take a fresh look at your lifestyle.

TPAS Dinilai Sudah Tak Tepat Atasi Persoalan Sampah

124

Tegal, Persoalan sampah hingga kini masih menjadi momok di Kota Tegal. Meski telah ada Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Sampah, Pemkot Tegal masih perlu untuk melanjutkan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bokong Semar sebagai TPA Permanen. Sebab, TPA Sementara (TPAS) yang ada dinilai sudah tidak sesuai dengan kondisi wilayah perkotaan. 

Menurut juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Triyono, kondisi TPA Sementara di Jalan Mataram, sudah tidak sesuai dengan kondisi wilayah perkotaan. Oleh karena itu, pihaknya mendukung Pemkot untuk melanjutkan pembangunan TPA Bokong Semar yang sudah direncanakan sejak lama. “Pada tahun 2016 telah dilakukan pembangunan akses jalan, dan tahun 2019 dilanjutkan pengurukan lahan sebagai langkah awal pembangunan TPA Bokong Semar. Kami berharap tahun depan anggarannya ditambah untuk kelanjutan pembangunannya,” katanya.

Dia mengemukakan, terkait jumlah anggaran pembagunan TPA Bokong Semar, Pemkot harus mampu memprioritaskan dan konsentrasi anggaran bagi kegiatan tersebut. Dengan demikian, TPA Bokong Semar bisa cepat berfungsi dan menggantikan posisi TPAS. “Persoalan sampah menjadi etalase awal atau peformance yang dilihat pertama kali oleh tamu dari daerah lain,” ujarnya. 

Triyono mengemukakan, Pemkot wajib meningkatkan kapasitas fungsi dari Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST), serta memastikan tidak ada satupun TPST yang tidak bisa beroperasi. Selain itu, perlu memberikan penghargaan kepada tenaga pengelola persampahan. Yakni dengan cara pemberian tunjangan kesejahteraan yang mencukupi dan jaminan kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(wawanhoed_red38)

BERITA LAINNYA