Take a fresh look at your lifestyle.

Toyota Rush Nyelonong, Ditabrak Argo Cirebon

168

* Sopir Panik, Mobil Berhenti di Atas Rel

TEGAL – Kecelakaan mengerikan, ditonton ratusan warga di perlintasan KA berpalang pintu Tirus, Kota Tegal, sekitar pukul 14.55, Jumat (13/9).

Itu berawal saat mobil Toyota All New Rush putih, G-8574-BP, nekat nyelonong saat palang pintu perlintasan rel KA sudah ditutup, ditabrak KA Argo Cirebon.

Mobil pun ringsek di bagian bodi belakang. Roda kiri belakang dan kiri depan, juga rusak parah. Pengemudianya Dra Dyah Widyastuti (46) warga RT 3 RW 7, Kelurahan Slawi Wetan, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, selamat dari kecelakaan tersebut. Karena kabur sebelum mobilnya ditabrak KA itu.

”Ini ada kemungkinan human error. Karena berdasarkan keterangan sementara sejumlah saksi, saat palang pintu sudah ditutup, pengemudi mobil ini nekat nyelonong, dan akhirnta terjadi kecelakaan seperti ini,” terang Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Ben Aras yang datang di lokasi kejadian.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, saat palang pintu KA di perlintasan itu sudah ditutup, tiba-tiba dari arah selatan di Jl Teuku Umar, nyelonong masuk mobil warna putih tersebut.

Kemudian mobil berhenti di atas rel. Lebih tepatnya sepertiga bodi mobil masih menyita jalur KA. Sopir mobil itu, pun terlihat panik. Sejumlah warga, personel Polsuska, dan penjaga palang pintu berusaha mendorong mobil tersebut. Tapi tak bisa.

Berteriak Keras

Apalagi ketika banyak warga dan pengguna jalan lainnya berteriak keras akan ada KA yang melintas. Sopir itu, warga dan petugas kemudian lari menjauh dari mobilnya. Kecelakaan hebat pun terjadi.

KA Argo Cirebon jurusan Tegal, Cirebon, Gambir yang melintas dari arah timur ke barat menabrak bagian belakang mobil tersebut dan terpental beberapa meter.

Kepada personel Sat Lantas Polres Tegal Kota dan petugas palang pintu, sopir mobil itu mengaku, baru mendengar bunyi tanda kereta akan lewat setelah melewati palang pintu. Kemudian berusaha meneruskan laju mobil itu melewati rel. Tapi malah macet, dan sepertiga bodi mobil bagian belakang masih berada di atas rel.

Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Ben Aras mengimbau, kepada pengguna jalan saat melintas di perlintasan rel KA, hendaknya lebih waspada. Terutama saat bunyi tanda peringatan KA akan melintas.

”Meskipun palang pintu belum tertutup penuh, tapi kalau sudah mendengar bunyi tanda KA akan melintas ya jangan nekat nyelonong. Sebab kalau KA-nya sudah dekat, mesin mobil bisa macet berhenti di atas rel karena ada daya magnet yang mempengaruhi operasional mesin mobil,” ucap dia.

Jadi menurut dia, sebaiknya berhentilah di luar palang pintu rel KA ketika mendengar bunyi tanda peringatan. Sebab banyak kejadian kecelakaan di perlintasan KA akibat kesalahan manusia (Human Error) yang kurang memahami keselamatan dalam berkendara.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA