Take a fresh look at your lifestyle.

Tokoh Punakawan dan Sibat Bumijawa Sosialisasikan Vaksin Covid-19

Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Desa Bumijawa, Kabupaten Tegal mensosialisasikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat, Sabtu (27/2).

86

BUMIJAWA – Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Desa Bumijawa Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, bekerjasama dengan Puskesmas Bumijawa, Polsek Bumijawa, Koramil Bumijawa dan Pemerintah Desa Bumijawa melakukan giat sosialisasi vaksinasi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatsan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Sabtu (27/2).
Sosialisasi kali ini dilakukan dengan cara unik. Empat relawan Sibat Bumijawa tampak mengenakan kostum punakawan dan membawa kuda lumping untuk menarik perhatian warga.
Dengan menggunakan pengeras suara, mereka berkeliling membagikan brosur yg berisi tentang vaksinasi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan 5M serta PPKM.
Sementara relawan lainnya menyampaikan imbauan kepada masyarakat. Diantaranya tentang vaksin Covid-19 itu aman dan halal. Dengan divaksinasi, diharapkan masyarakat sehat dan ekonomi bangkit.
Para relawan juga tak bosan mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan mematuhi 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.
Relawan SIBAT Bumijawa PMI Kabupaten Tegal, Abdul Kholik mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud dari program penguatan respon Covid-19 tingkat masyarakat.
Menurut Abdul Kholik, dalam kegiatan tersebut, relawan juga membagikan masker untuk masyarakat yang beraktivitas diluar rumah tanpa mengenakan masker.
“Kami juga membagikan hand sanitizer dan brosur yang berisi tentang informasi vaksinasi Covid 19 dan protokol kesehatan,”jelasnya.
Ketua PMI Kabupaten Tegal, Iman Sisworo menyampaikan, kegiatan itu merupakan bagian dari Program Penguatan Respon Covid-19 tingkat masyarakat yang didukung oleh PMI Pusat , USAID dan Palang Merah Federasi Internasional (IFRC).
“Kegiatan sebelumnya yang sudah dilakukan diantaranya sosialisasi langsung kepada kelompok-kelompok masyarakat, pembagian sembako kepada masyarakat rentan, dan pemasangan sarana cuci tangan di fasilitas umum dan pendidikan,”imbuh Iman Sisworo.

BERITA LAINNYA