Take a fresh look at your lifestyle.

TKI Asal Brebes Meninggal di Malaysia

144
  • Jenazah Tiba Disambut Tangis Keluarga

BREBES – Nursidik (31), seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asa Desa Karangbale, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, dilaporkan meninggal dunia di tempat kerjanya di Malayasia. Jenazah korban yang dilaporkan meninggal karena sakit liver akut itu tiba di kampung halamannya, Selasa malam (16/7). Kedatangan jenazah langsung disambut isak tangis keluargannya, terutama ibu korban Ponasih.

Nursidik merupakan anak pertama dari empat bersaudara pasangan suami istri Rusdi dan Ponasih, warga Desa Karangbale. Ia sejak tahun 2010 lalu telah merantau untuk bekerja. Awalnya, Nursidik bekerja di Batam dan kemudian merantau menjadi TKI di negeri Jiran Malaysia. Melihat jenazah anaknya tiba dengan di angkut sebuah mobil ambulan, Ponasih tak kuasa menahan tangis. Jenazah anaknya itu langsung dimasukan ke dalam kamar bagian depan rumah, yang biasa digunakan almarhum anaknya itu istirahat saat pulang ke rumah.

“Selama ini Nursidik yang menjadi tulang punggung keluarga. Rumah ini saha yang membangun dia (Nursidik-red). Bahkan, tiga adiknya yang membiaya sekolah juga dia,” tutur Ponasih.

Menurut dia, dari laporan yang diterimannya, anak pertamanya itu meninggal dunia pada Rabu minggu lalu. Almarhum anaknya meninggal karena terkena penyakit liver akut. Padahal anaknya itu selama ini tidak pernah mengeluh ke keluarga atas penyakit yang dideritannya. “Sudah sejak 2010, anak saya ini merantau dan terakhir di Malaysia. Saya dan suami baru tahu kalau anak ini punya penyakit liver, selama ini tidak pernah bercerita kepada keluarga,” ungkapnya.

Ponasih mengaku, awalnya keluarga binggung dalam proses pemulangan jenazah anaknya tersebut. Sempat melaporkan ke Pemkab Brebes untuk mendapat bantuan pemulangan, tetapi tak kunjung mendapat respon. Keluarga akhirnya meminta bantuan DPC PKB Brebes yang kebetulan ketuannya asli orang Larangan. Pihak DPC PKB menindaklanjuti dengan meminta bantuan Kementerian Tenaga Kerja, dan jenazah anaknya bisa dipulangkan. “Alhamdulilah dari bantuan DPC PKB Brebes dan Kementerian Tenaga Kerja, jenazah anak saya ini bisa dipulangkan,” terangnya.

Sementara, Ketua DPC PKB Brebes Zubad Fahilatah mengatakan, pihaknya semula mendapat infromasi dari pengurus Garda Bangsa Desa Karangbale, terkait warganya yang meninggal di Malaysia tetapi binggung untuk memulangkan jenazahnya. Dari laporan itu, pihaknya sempat berkomunikasi dengan kepala intansi terkait di Pemkab Brebes, tetapi yang bersangkutan sedang cuti. “Atas kondisi ini, saya berinisiatif melayangkan surat ke Menteri Tenaga Kerja dan mendapat respon hingga jenazah Nursidik bisa dipulangkan. Sesuai rencana keluarga korban, jenazah akan dimakamkan besok pagi (hari ini-red), di pemakaman Desa Karangbale,” terangnya yang juga Anggota DPRD Kabupaten Brebes ini.

(setiawan/ red38)

BERITA LAINNYA