Take a fresh look at your lifestyle.

Tingkatkan Semua Pelayanan di Desa PHB Tegal Kenalkan Aplikasi Perkantoran

194

TEGAL – Peningkatan semua aspek pelayanan di desa, sejalan masuknya Era Industri 4.0 yang disokong teknologi informasi seperti kecanggihan aplikasi komputer, menjadi kegiatan unggulan Prodi D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal.

Guna merealisasi hal itu, prodi di perguruan tinggi vokasi tersebut, secara khusus menggembleng secara khusus pegawai dan staf di desa di Kecamatan Talang. Kabupaten Tegal.

Yakni, dengan mengenalkan aplikasi perkantoran yang berkait dengan kegiatan pelayanan sehari-hari.

”Kami undang sejumlah pegawai maupun staf di 19 desa yang tersebar di Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, untuk lebih dekat mengenal penggunaan komputer, yang diharapkan dapat mempercepat proses pelayanan yang selama ini banyak dilakukan secara manual,” terang Ketua Prodi D3 Teknik Komputer PHB Tegal Rais SPd MKom.

Kegiatan pengabdian masyarakat, yang dilakukan secara bertahap dalam 11 jam pertemuan, mengenalkan berbagai aplikasi perkantoran. Seperti MS Word dan MS Excel, di Laboratorium Komputer di Gedung B Kampus Pusat PHB Tegal Jl Mataram, Kota Tegal.

Dalam pelatihan komputer itu, pihaknya selain melibatkan dosen, juga sejumlah mahasiswa sebagai mentor peserta.

Karena setelah peserta mendapatkan teori, langsung praktik menggunakan komputer yang tersedia di laboratorium.

Mudah Dipahami

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat kegiatan itu, Ida Afriliana ST MKom mengatakan, sejumlah dosen yang dilibatkan, antara lain, Ahmad Maulana SKom, Arif Rahman SE SPd MKom dan Nurohim MKom.

”Materi yang kami sajikan, dalam berbagai bentuk yang tidak membuat peserta sulit memahami, tapi dengan permainan yang mudah dipahami dan dapat langsung dipraktikkan,” ucap dia.

Dosen dan mahasiswa yang mengawasi langsung, juga memberi solusi jika ada peserta yang mengalami kesulitan.

Semua kesulitan dapat dimaklumi, mengingat ada sejumlah peserta yang masih canggung menerapkan aplikasi perkantoran untuk kegiatan sehari-hari.

Camat Talang, Kabupaten Tegal Dra Noor Alina Agustin mengatakan, dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki di tingkat kecamatan dan desa di wilayah kerjanya, diharapkan dapat pula meningkatkan di sektor pelayanan.

”Ya era sekarang semua berbasis aplikasi komputer. Karena itulah staf dan pegawai kami juga di tingkat desa juga harus menguasai penggunaan komputer di segala aspek pelayanan. Ini kegiatan yang sangat kami dukung,” ucap dia.

Direktur PHB Tegal Mc Chambali BEng MKom mengatakan, perguruan tingginya dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selalu menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

”Inilah peran perguruan tinggi dalam rangka pemberdayaan di bidang pengusaan teknologi agar terserap oleh masyarakat luas,” tandas dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA