Take a fresh look at your lifestyle.

Tingkatkan Perekonomian Desa, Pertamina dan Kemendagri Bangun Pertashop

64

SLAWI – PT Pertamina (Persero) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerjasama dalam mengembangan perekonomian desa dengan membangun Pertashop di sejumlah wilayah pedesan di Kabupaten Tegal. Hingga kini, Pertamina telah membangun tiga Pertashop, yakni di Desa Talang Kecamatan Talang, Desa/ Kecamatan Talang, Desa/ Kecamatan Bumijawa, dan Desa Pesarean, Kecamatan Pagerbarang.

Sales Branch Manager Wilayah Pertamina Brebes dan Tegal, Vano Daniel Wibawanto saat ditemui di Pertashop Talang, Jumat (11/9) mengatakan, Pertashop merupakan lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lainnya. Selain untuk meningkatkan perekonomian desa, adanya Pertashop juga untuk pemerataan penyaluran BBM.

“Di Jateng dan DIY sudah ada 70 Pertashop yang dibangun di desa. Sementara di Kabupaten Tegal baru 3 Pertashop,” katanya.

Menurut dia, Pertashop yang berada di tiga titik wilayah kabupaten tersebut, baru melayani BBM jenis Pertamax. Kedepan, penyediaan BBM akan terus dikembangkan untuk melayani masyarakat di pedesaan. Pengelolaan Pertashop sesuai dengan petunjuk Kemendagri, wajib melibatkan pemerintahan desa. Pemerintahan desa bisa mengelola sendiri atau bekerjasama Pertamina, bahkan masyarakat umum. Namun, untuk titik Pertashop yang menentukan Kemendagri, dan Pertamina yang membangun Pertashop.

“Jika pemerintah desa akan membuat Pertashop harus ada musyawarah desa. Untuk pengelola bisa desa, bisa Pertamina, bisa Pertamina dan desa, atau desa hanya memberikan izin, sedangkan yang menjalankan orang umum,” terang Vano.

Ditambahkan, Pertashop bukan Pertamini. Hal itu dikarenakan Pertashop memiliki izin resmi, dan harga BBM yang dijual sama dengan di SPBU. Bahkan, takaran BBM di Pertashop juga di tera, sehingga akurasinya bisa dipertanggungjawabkan.

“Kami berharap dengan adanya Pertashop perekonomian desa lebih maju, dan jaringan distribusi BBM juga lebih luas serta bisa mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat,” pungkasnya. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA