Take a fresh look at your lifestyle.

Tingkatkan PAD Melalui Digitalisasi, Brebes Kukuhkan TP2DD

94

BREBES, smpantura.com – Bupati Brebes, Idza Priyanti mengukuhkan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk mendorong inovasi, mempercepat dan memperluas Elektronifikasi Transaksi Pemerindah (ETP) demi mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi tata kelola keuangan.

Dengan ditandatanganinya Keputusan Bupati Brebes Nomor 981/191 Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Kabupaten Brebes, maka secara sah TP2DD resmi terbentuk pada 22 April 2021.

Dimana pembentukan TP2DD bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi dalam implementasi elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah daerah.

“Ketua TP2DD saya pribadi dan Kepala Perwakilan Kantor (KPw) Bank Indonesia Tegal, M Taufik Amrozi sebagai wakil ketua,” papar Idza, Selasa (27/4).

Ditambahkan Idza, pembentukan TP2DD Brebes sejalan dengan berbagai kegiatan dan implementasi digitalisasi transaksi pembayaran. Khususnya untuk elektronifikasi transaksi Pemda di Kabupaten Brebes.

Sementara, Kepala KPw Bank Indonesia Tegal, M Taufik Amrozi menegaskan, keberlanjutan berbagai kegiatan dan program perlu untuk terus dikawal dengan meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar institusi dalam suatu forum.

Berdasarkan data yang ada, saat ini Kabupaten Brebes telah melakukan elektronifikasi terhadap transaksi belanja baik belanja langsung maupun belanja tidak langsung. Termasuk pula elektronifikasi terhadap transaksi pendapatan yang meliputi penerimaan pajak, retribusi jasa umum dan retribusi jasa usaha.

Selain itu, pada ini 2021 Bank Indonesia juga terus mendorong pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai salah satu kanal pembayaran transaksasi pendapatan di Kabupaten Brebes.

“QRIS merupakan standarisasi berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code,” terang Taufik.

Diharapkan, melalui penggunaan QRIS dapat mempermudah, mempercepat dan meningkatkan efisiensi penerimaan bagi Pemerintah Kabupaten Brebes. (T03-red)

BERITA LAINNYA