Take a fresh look at your lifestyle.

Tingkatkan Mutu Lulusan, Gandeng President University

* D4 Teknik Informatika PHB Tegal

375

TEGAL – Upaya meningkatkan mutu lulusan, dosen dan pengelolaan perguruan tinggi, dilakukan cukup serius Program Studi (Prodi) D4 Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal.

Salah satunya, dengan menggandeng Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) President University. Perguruan tinggi vokasi dari Kota Tegal itu.

Kemudian menandatangi naskah kerjasama berbentuk Memorandum of Agreement (MoA), di kampus tersebut, di Jl Ki Hajar Dewantara, Kota Jababeka, Cikarang Baru, Bekasi, Selasa (4/2).

”Kami terus menjalin kerjamasa dengan sejumlah perguruan tinggi berkualitas di tanah air dan luar negeri, demi meningkatkan kualitas di berbagai aspek.

Terbaru adalah kerjasama dengan President University,” terang Ketua Prodi D4 TI PHB Tegal, Ginanjar Wiro Sasmito MKom, Jumat (7/2).

Dia mengungkapkan, penandatangan itu dilakukan berbarengan dengan rangkaian studi banding ke kampus tersebut.

Selain untuk meningkatkan mutu lulusan, sekaligus pula dalam upaya meningkatkan meningkatkan kualitas atmosfer akademik, dan kualitas riset dosen.

Ginanjar mengungkapkan, dari diskusi dan pembicaraan intensif yang dilakukan pihaknya dan dosen-dosen lainnya, telah banyak hal yang dapat dipelajari dari perguruan tinggi tersebut.

”Perguruan tinggi ini memang layak dijadikan rujukan dalam peningkatan mutu dan kualitas. Juga layak dijadikan mitra dalam mengembangkan Prodi Teknik Informatika di perguruan tinggi kami,” ucap dia.

Masa Depan

Tim dosen Prodi D4 TI PHB Tegal yang berkunjung ke perguruan tinggi itu, antara lain, Dega Surono Wibowo ST MKom, Slamet Wiyono MEng, Taufiq Abidin MKom, Dyah Apriliani ST MKom dan Hepatika Zindy MKom.

Mereka disambut baik jajaran pimpinan President University. Antara lain, Wakil Rektor II Sandy Darmowinoto BSc MIT, Wakil Rektor III Handa S Abidin LLM PhD, Dekan Fasilkom Rila Mandala PhD, Kaprodi S1 Teknik Informatika Nur Hadikusmana MSc, Kaprodi S1 Sistem Informasi Rikip Ginanjar MSc dan Kaprodi S2 Teknik Informatika Dr Tjong Wan Sen MT.

Hal penting yang dipelajari dari perguruan tinggi tersebut, antara lain, pada kurikulum yang telah menerapkan teknologi masa depan.

Internasionalisasi kegiatan akademik perkuliahan, dan penerapan project based learning. Juga program internship, serapan alumni ke DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) dan pengelolaan start up.

Berkait dengan penandatangan MoA, kedua perguruan tinggi itu sepakat melakukan kerjasama dalam pengembangan pendidikan, dan penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Terutama program kerjasama riset (join research) dan kerjasama publikasi internasional (join international publication).

Dekan Fasilkom President University Rila Mandala PhD mengatakan, pihaknya terbuka dalam melakukan kerjasama guna optimalisasi mutu, dan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

”Kami berharap ada langkah-langkah kongkrit yang harus segera dilaksanakan dari penandatanganan MoA ini. Agar kebermanfataannya bisa segera dirasakan kedua belah pihak,” kata Rila.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA