Take a fresh look at your lifestyle.

Tim SMAN 1 Lolos Kompetisi Kuis Tingkat Nasional

- Sisihkan 3.600 Tim Seluruh Indonesia

187

PEKALONGAN – Prestasi cukup membanggakan diraih tim SMA Negeri 1 Kota Pekalongan dalam mengikuti kuis tingkat nasional bertajuk ”Ilmupedia”. Saat menjadi peserta kuis yang merupakan program peduli pendidikan dari Telkomsel pusat, tim ini mampu menyisihkan sebanyak 3.600 tim dari SMA di seluruh Indonesia dan lolos ke babak 12 besar. Masing-masing tim berjumlah lima orang sehingga sampai bisa menuju ke grand final mereka menyingkirkan sebanyak 18.200 peserta di babak penyisihan.
Tim dari Kota Batik ini diwakili Salwa, Tika, Arfa, Faiq, dan Rahma yang semuanya merupakan siswa kelas 12 SMA negeri 1 Kota Pekalongan. Rencananya mereka akan bertolak ke Jakarta sebelum tanggal 4 Maret karena pelaksanaan babak penentuan berlangsung mulai 4 – 6 Maret mendatang. Semua fasiltas keberangkatan para siswa siswa ini di babak 12 besar ditanggung oleh pihak Telkomsel mulai dari teket pesawat terbang untuk enam orang (didampingi satu guru pendamping_red) dan lainnya.
Humas SMAN 1, Indah menjelaskan sekitar tiga pelan lalu ada sosialisasi dari Telkomsel terkait penyelenggaraan program Ilmupeduli yang menggelar lomba kuis secara online. Pihak sekolah lalu menyampaikan kegiatan itu kepada para siswanya dan ada 15 siswa atau tiga tim yang menjadi peserta. Dari tiga tim yang diturunkan ternyata hanya satu tim yang lolos dan prestasi ini sangat disyukurinya.
”Alhamdulillah, dengan usaha keras mereka akhirnya bisa lolos sampai ke tingkat nasional dengan menyisihkan belasan ribu peserta,” katanya usai doa bersama untuk kesusksesan tim sekolahannya, kemarin pagi.
Manager Mass Market Segment Sales Operations Jawa Tengah and DIY, Arief Hidayatus menjelaskan sebagai salah satu perusahaan di tanah air, Telkomsel berusaha peduli dengan lingkungannya. Salah satunya dengan menggelar program ilmupedia yang merupakan bentuk kepedulian di dunia pendidikan dan pesertanya tingkat SMA. Lomba ini sengaja untuk tingkat SMA karena mereka merupakan generasi milenial yang akan melanjutkan jenjang lebih atas yakni ke universitas maupun jenjang perkuliahan.
Sedangkan program ini seperti cerdas cermat yakni siapa bisa menjawab dengan cepat dan tepat sehingga merekalah yang menjadi pemenangnya. Bedanya. pelaksanaannya secara online dan beregu atau tim serta waktunya agak lama. Untuk bisa mengikuti program ini, mereka lebih dahulu login, lalu menjawab semua pertanyaan secara cepat dan akurat atau benar.
”Kami hanya berpesa supaya adik-adik ini menyiapkan mental karena yang dihadapi adalah siswa SMA di seluruh Indonesia, khususnya dari Jakarta,” tegasnya saat bertemu tim dari SMA Negeri 1.
Manager branch Pekalongan, Iqbal Soeriawinata menjelaskan apa yang diraih tim sekolahan ini dalam mengikuti program kuis ilmupedia sangat membanggakan. Mereka bukan hanya lolos, namun hasil akhir di babak penyisihan ternyata menempati rangking dua di seluruh Indonesia. Sebagai salah satu bagian dari Kota Batik, Telkomsel Pekalongan ikut mendukung supaya di tingkat nasional nanti kembali meraih sukses.
Untuk itu, jajarannya sengaja datang ke kampus SMA Negeri 1 menggelar doa bersama para siswa dan guru pengajar setempat. Dia optimis Kartini Squad ini bisa meraih juara 1 di babak grandfinal dan bisa membanggakan Kota Batik. Jika sesuai harapan, mereka juga akan ulang membawa sejumlah hadiah seperti ratusan juta rupiah, bea siswa, training, pulsa dan sertifikat dari Telkomsel. (Moch Achid Nugroho/R8 )

BERITA LAINNYA