Take a fresh look at your lifestyle.

Tim Gugus Tugas Covid Kota Tegal Akan Dibubarkan

109

TEGAL – Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono berencana membubarkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tegal. Hal tersebut disampaikan disela monitoring wajah kota di Kelurahan Cabawan, Kecamatan Margadana, Jumat (26/6) siang.

Menurutnya, saat ini kondisi Kota Tegal benar-benar zero dari Covid-19 dan hanya merawat satu pasien terkonfirmasi positif yang berasal dari Kota Depok. Atas pertimbangan tersebut, Tim Gugus Tugas akan dibubarkan pada 30 Juni 2020 mendatang.

Sebagai penggantinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal akan membentuk relawan Covid-19 yang akan dinahkodai Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi sebagai ketua. Keberadaan relawan tersebut, murni atas dasar kemanusiaan dan tidak memberatkan anggaran pemerintah melalui APBD.

“Meski Gugus Tugas dibubarkan, ada penggantinya Relawan Covid-19. Nantinya, seluruh elemen diharapkan dapat ikut berpartisipasi untuk berkolaborasi bersama Wakil Wali Kota. Ini murni relawan, tanpa mengambil biaya dari APBD,” kata Dedy Yon.

Orang nomor satu di Kota Tegal itu menghendaki, seluruh satuan fungsi yang ada pada Tim Gugus Tugas saat ini dapat kembali bekerja setelah nantinya dibubarkan. Dengan begitu, birokrasi pemerintahan akan kembali berjalan normal dan tidak terhalang dengan keberadaan Gugus Tugas.

Nantinya, sambung Dedy Yon, relawan akan dibentuk dari organisasi masyarakat, organisasi profesi, organisasi kepemudaan dan remaja, serta disiagakan jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Gugus Tugas ini saya bubarkan, agar birkorasi di Pemkot Tegal normal kembali dan menghentikan biaya-biaya yang ada untuk Gugus Tugas,” tutupnya.

Sementara, dari hasil monitoring wajah kota, Dedy Yon meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk melakukan normalisasi saluran sekunder yang berada di Kelurahan Cabawan, tepatnya di depan MI Nurul Hikmah, Krandon.

Termasuk pula menyiapkan pembuatan jalan di Kelurahan Kaligangsa sepanjang kurang lebih satu setengah kilometer, yang mana tanah tersebut merupakan hibah dari warga setempat kepada Pemkot Tegal. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA