Take a fresh look at your lifestyle.

Tim Dokkes Diterjunkan, Periksa Suhu Tubuh Ratusan Personel Polres Tegal Kota

* Diimbau Saat Bertugas Kenakan Masker

112

TEGAL – Tim Dokter Kesehatan (Dokkes) Polres Tegal Kota bertindak cepat dengan memeriksa suhu tubuh ratusan personel yang bertugas di pelayanan umum.

Langkah itu sebagai salah satu upaya mencegah penularan atau penyebaran Virus Corona (Covid 19) terhadap personel markas kepolisian tersebut.

Pemeriksaan sudah dilakukan sejak Senin (16/3), dan dilakukan usai apel pagi, setiap hari, hingga 14 kedepan.

Selain personel polisi, bagian sipil juga diperiksa suhu tubuhnya.

”Kami berupaya keras mengantisipasi penularan Virus Corona, antara lain, dengan cara mengecek suhu tubuh tiap personel, khususnya yang akan bertugas melayani masyarakat. Jadi segala sesuatunya khususnya kondisi kesehatan personel kami tetap terus terpantau,” terang Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi didampingi Paur Dokkes dokter Henny Ismaiwati.

Personel yang bertugas di pelayanan publik, antara lain, di bagian pembuatan SIM, BPKB, SKCK, Sidik Jari, Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu, Samsat, dan Dokkes.

Bahkan personel di Sat Reskrim khususnya penyidik yang tengah memintai keterangan saksi maupun tersangka, juga ikut diperiksa kondisi suhu tubuhnya sebelum melaksanakan tugas.

“Dalam pemeriksaan ini, kami bersyukur personel Polres Tegal Kota kondisinya sehat dan siap melaksanakan tugas untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kota Tegal.

Juga yang akan melaksanakan tugas pelayanan publik di Mapolres Tegal Kota, sampai sekarang dalam kondisi sehat dan aman. Kami juga sudah mengingatkan personel yang bertugas di pelayanan publik untuk mengenakan masker,” terang dia.

Kondisi Kesehatan

Paur Dokkes Polres Tegal Kota dokter Henny Ismaiwati menjelaskan, pemeriksaan tersebut antara lain, untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini personel polisi itu, sebelum memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dia menambahkan, pihaknya selain melaksanakan kontrol terhadap personel polisi, juga memasang cairan pembersih tangan dalam kemasan botol (hand sanitizer), di sejumlah tempat pelayanan publik di markas kepolisian tersebut.

Juga di beberapa titik di lingkungan Mapolres Tegal Kota, agar dapat digunakan personel polisi dan masyarakat yang berkunjung ke markas kepolisian itu, untuk mengurus berbagai keperluan.

“Kami mengimbau kepada seluruh personel Polres Tegal Kota, agar tetap dapat menjaga kesehatan. Atur pola makan sekaligus istirahat yang cukup, dan jangan lupa untuk berolahraga. Selalu menjaga kebersihan badan, dengan rajin mencuci tangan,” tandas dia.

Untuk saat ini, lanjut dia, hand sanitizer telah disediakan di seluruh lokasi pelayanan publik markas kepolisian tersebut.

Juga di seluruh mapolsek. Tempat pelayanan publik antara lain, di pelayanan SIM, BPKB, SKCK, SPKT, Sidik, Samsat dan Dokkes. Itu agar masyarakat dapat teredukasi pola hidup bersih dan sehat.

Dia juga mengingatkan, bila ada personel polisi merasa kurang enak badan, segera melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh.

Selain itu, istirahat secukupnya agar bisa cepat kembali pulih. Tindakan cepat itu dinilainya dapat membantu mencegah penularan Virus Corona.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA