Take a fresh look at your lifestyle.

Tim ACT Tegal Galang Dana Untuk Korban Bencana Kabut Asap dan Gempa

148

TEGAL – Tim dari lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tegal melakukan penggalangan dana untuk korban bencana kabut asap dan gempa di Alun-alun Kota Tegal, Minggu (29/9). Kegiatan sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk membantu masyarakat bencana kabut asap di Sumatera dan Kalimantan serta gempa di Ambon.

Menurut Kepala Cabang ACT Tegal, Siswartono, kabut asap sampai saat ini masih menyelimuti sebagian pulau Sumatera dan Kalimantan. Selain menyebabkan penyakit pernafasan juga sangat mengganggu pengelihatan dan mengakibatkan mata perih. Namun, belum hilang kabut asap menyusul bencana di Ambon yang diguncang gempa berkekuatan 6.5 SR. “Banyak korban luka dan juga korban jiwa. Karena itu, Tim ACT Tegal merasa perlu untuk menggerakkan hati para dermawan yang ada di Alun-Alun Kota Tegal khususnya untuk bisa ikut membantu meringankan penderitaan saudara kita,” katanya.

Dia mengemukakan, donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat di Riau dan Ambon. Diharapkan upaya yang dilakukan mendapat respon yang baik dari masyarakat. Selain itu, pada Sabtu (28/9) Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Brebes juga menempuh perjalanan menyusuri pematang tambak selama sekitar 30 menit menuju ke Dukuh Banjangsari, Desa Randusanga Kulon, Kabupaten Brebes. Yakni, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal ini adalah anak-anak usia sekolah tentang cara menjaga kebersihan diri khususnya tata cara mencuci tangan dan menggosok gigi secara baik dan benar.

Salah satu relawan MRI Brebes, Kiki mengatakan, kegiatan bertujuan memberikan edukasi agar masyarakat lebih memperhatikan terhadap kebersihan diri. Selain anak-anak juga hadir para orang tua ikut serta menyaksikan dan ikut pula mengikuti kegiatan tersebut. Dalam kesempatan itu juga dilakukan pembagian biskuit kepada anak – anak di wilayah tersebut. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA