Take a fresh look at your lifestyle.

Tilang Elektronik Segera Diterapkan di Kabupaten Tegal

277

SLAWI –Sistem E-Tilang atau elecronic traffic law enforcement (E-TLE) segera diterapkan di wilayah Kabupate Tegal. 

Kapolres Tegal AKBP M Iqbal Simatupang melalui Kasat Lantas Polres Tegal AKP Dwi Himawan Chandra menyampaikan, akan ada launching khusus di beberapa tempat pada bulan ini. 

Terkait pelaksanaan E-TLE, Satlantas Polres Tegal sudah menyiapkan sarana dan prasarana atau pirantinya. Selain itu melakukan koordinasi dengan unsur terkait seperti Pengadilan dan Kejaksaan terkait penentuan denda tilang. 

“Kami sudah berkoordinasi dan sementara menunggu petunjuk , hasilnya seperti apa. Ketika itu semua sudah, perangkat dan piranti juga sudah siap, maka itu bisa kita gelar dan terapkan di Slawi,”terang Himawan. 

Himawan menyebutkan, selain menggunakan kemare E statis yang digunakan di simpul-simpul tertentu, Satlantas juga membekali petugas dengan kamera Go Pro yang dipasang di helm. Saat menjumpai pelanggaran secara langsung, maka petugas bisa menindak secara langsung tanpa harus melakukan penindakan, karena semua sudah terekan di kamera yang terpasang di helm petugas .

Selanjutnya, petugas tinggal menyampaikan kepada pengendara yang bersangkutan, bahwa sudah melakukan pelanggaran lalu lintas dan terekam kamera. Selanjutnya akan dikirimkan bukti pelanggaran. 

“Nah rekaman tadi dikirim ke petugas pengoperasi untuk melakukan pengecekan,”jelasnya.

Setelah itu, pengendara yang melanggar lalu lintas, akan diberi nomor BRI Virtual Account (BRIVA), agar bisa langsung membayar denda melalui ATM BRI. Nantinya dengan diterapkan E-TLE, tidak ada lagi sidang bagi pelanggar lalu lintas. 

Himawan menambahkan, sejak dua bulan yang lalu pihak Satlantas Polres Tegal bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, melakukan survei untuk menentukan lokasi mana saja yang akan dipasangi CCTV E-tilang.  

BERITA LAINNYA