Take a fresh look at your lifestyle.

Tiga Tahun PN Tegal Baru Ada Wakilnya

221

* Pengawasan Hakim Kian Diperketat

TEGAL – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tegal, Joni Witanto SH mengatakan, dirinya sekarang merasa lega, karena tugas-tugasnya akan terbantu. Hal itu setelah hampir tiga tahun lembaga peradilan yang dipimpinnya baru ada wakilnya di awal bulan ini.

Hal itu disampaikan saat, Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua PN Tegal yang baru dan dijabat oleh Toetik Ernawati SH MH, Jumat (8/11). ”Ya hampir tiga tahun terakhir PN Tegal tak ada wakil ketuanya. Saya bersyukur, hari ini sudah ada wakilnya. Jadi nanti akan sangat membantu tugas-tugas saya sehari-hari,” ucap dia.

Menurut dia, tugas-tugas yang bakal dilakukan wakilnya yang baru, antara lain, berkait dengan fungsi dan pengawasan hakim maupun panitera. Juga staf-staf lainnya seperti juru sita.

PEJABAT BARU : Ketua PN IA Tegal Joni Witanto SH bersama istri, berfoto bersama pejabat baru Toetik Ernawati SH MH didampingi suami dan putrinya, usai Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua PN Tegal yang baru.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Menurut dia, fungsi dan tugas pengawasan terhadap hakim akan kian diperketat lagi. Intinya seperti yang tertuang dalam sumpah dan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi), yang harus dijalankan.

Menyita Tenaga

Selama ini, kata dia, tugas-tugas seperti itu lakukan sendirian. Hal itu dinilainya cukup menyita tenaga dan pikiran. Tapi semuanya merupakan tantangan tugasnya yang memang telah disadari sejak awal dirinya ditugaskan di PN Tegal.

Dia mengungkapkan, wakilnya adalah satu angkatan. Sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN IB Situbondo, Jatim. Meski kini jabatannya menjadi wakil, tapi sebenarnya naik satu tingkat. Karena di tempat tugasnya yang baru status tempat tugasnya naik, yakni IA.

Sementara itu, Toetik Ernawati saat berkenalan dengan hakim, panitera, juru sita dan staf lainnya di PN Tegal mengatakan, sangat bersyukur dapat bertugas di Kota Tegal. Tentu akan banyak tantangan di kota yang letaknya pinggir pantai.

”Apalagi sidangnya hampir setiap hari. Baik untuk perkara pidana maupun perdata. Tentu semua ini membutuhkan koordinasi kerja yang baik. Agar penanganan perkara yang disidangkan tetap berjalan sesuai koridor hukum,” ucap dia, sambil memohon dukungannya di tempat tugasnya yang baru.

Sementara itu, selain pelantikan Wakil Ketua PN Tegal yang baru, juga dilakukan pelepasan atau pengantar Purna Tugas empat pejabat di lingkungan instansi peradilan tersebut.

Empat pejabat yang telah memasuki pensiun adalah Panitera Muda Perdata Supoyo Setiyo SH, Panitera Pengganti Sri Wardiyantiningsih, Kaur IT Ngesti M dan Juru Sita Ramsa Tambun.(Riyono Topra-red07)

BERITA LAINNYA