Take a fresh look at your lifestyle.

Tiga Santri Ponpes Ahmad Dahlan Ikuti Kompetisi Robotik di Malaysia

171

Slawi – Tiga santri Pondok Pesantren Ahmad Dahlan (PPAH), Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal akan mengikuti kompetisi World Robotic for Peace 2020 di Johor Bahru, Malaysia, pada 7-8 Februari 2020.

Ketiga santri yang duduk di bangku MTs Ahmad Dahlan itu, yakni Hafid Afriyanto , M Farel Ilham dan Yasvin Syahgana. Dalam  kompetisi tersebut, mereka akan mengikuti kategori Soccer, Maze Solving dan Sumo.

Keikutsertaan para santri dalam kompetisi tersebut mendapat dukungan dari Bupati  Tegal, Umi Azizah. Selain memberi semangat, bupati didampingi pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas),  juga menyerahkan amanah berupa uang tunai senilai Rp 5 juta kepada para santri di ruang kerjanya, Selasa (28/1).

Umi mengatakan,  kompetisi robotik tingkat dunia ini, selain menambah minat pelajar untuk terus mengeksplor diri juga mendorong untuk semakin kreatif.

“Saya sangat bangga dan mendukung, mudah-mudahan diberikan kelancaran dan bisa mendapatkan juara,”ungkap Umi.

Sementara Wakil Ketua I Baznas Kabupaten Tegal, Nurrotib mengatakan penyerahan bantuan tersebut masuk ke dalam lima program unggulan Baznas yakni Tegal Cerdas.

“Bantuan yang tadi diberikan senilai Rp5 juta,  nantinya uang  tersebut dapat digunakan untuk keperluan tiket dan lain sebagainya,”ujar Nurrotib.

Turut mendampingi bupati, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal, Muhtadi serta guru pendamping  MTs Ahmad Dahlan,  Nur Ikhwan dan Kepala Bagian Kurikulum Pondok Pesantren Ahmad Dahlan , Ustadz Riyan.

Nur Ikhwan mengatakan, para santri binaannya pernah menjuarai sejumlah kompetisi. Diantaranya juara 3 Maze Solving robotik di Trans Studio Bandung 2018, juara 3 Maze Solving MRT di BSD Tangerang Selatan, juara 2 Maze Solving MRT di Korea Selatan, juara 3 Maze Solving MRT di UIN Jakarta Oktober 2019, juara 2 Maze Solving di olimpic AD VI UNIMUS Semarang Oktober 2019 dan juara 3 Maze Solving di Trans Studio Bandung 2019.

Sementara itu,  Direktur PP Muhammadiyah Ahmad Dahlan, M Khafid Mansyur menambahkan, semoga perwakilan Tim Robotika PPAD bisa membawa prestasi yang maksimal di Negeri Jiran Malaysia. (Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA