Take a fresh look at your lifestyle.

Tiga Pilar Rilis Program Si Cerpen Cinta

66

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama dan Pengadilan Agama setempat melaunching program Si Cerpen Cinta, Selasa (16/02). Hal tersebut dilakukan, guna mewujudkan Kota Tegal menjadi The Real Smart City. 

Proses rilis dihadiri Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Kepala Kementerian Agama Kota Tegal, Akhmad Farhan, Kepala Pengadilan Agama Kota Tegal, Udin Najmudin, Sekda Kota Tegal Johardi serta sejumlah Kepala OPD terkait.

Menurut Kepala Pengadilan Agama Kota Tegal, Udin Najmudin, pada era transformasi teknologi, masyarakat membutuhkan pelayanan peristiwa pernikahan dan perceraian yang sangat cepat dan mudah.

“Si Cerpen Cinta ini merupakan Sistem Informasi Layanan Perceraian Pernikahan dengan Cepat, Terintegrasi dan Tanggap” ujar Udin.

Dalam prosesnya, sesuai tugas pokok fungsi, tiga pilar memiliki peran masing-masing dalam sistem Si Cerpen Cinta. Alur yang ada di program tersebut yakni Pemerintah Kota Tegal melalui Disdukcapil bertugas mendukung sistem data kependudukan secara real time.

“Disdukcapil akan melakukan sistem layanan administrasi pernikahan dan administrasi penetapan perceraian melalui perubahan status kependudukan,” kata Udin.

Sedangkan Kantor Pengadilan Agama Kota Tegal, bertugas menerima dan memverifikasi berkas melalui sistem dan menetapkan peristiwa perceraian melalui persidangan. Sementara, itu Kemenag melalui kantor urusan agama kecamatan bertugas menerima dan memverifikasi berkas melalui sistem dan mencatat peristiwa pernikahan.

Usai merilis, Wali Kota Tegal Dedy Yon mengatakan, dengan kerjasama tiga pilar semua warga yang masuk dalam peristiwa pernikahan dan perceraian tercatat dalam data base yang baik.

“Diharapkan dengan dirilisnya Si Cerpen Cinta data kependudukan lebih tertib lagi, sehingga mendukung pencapaian Kota Tegal menjadi The Real Smart City,” ujarnya. (*)

BERITA LAINNYA